Saturday, 2 February 2013

Hari ke 23: Hands of Volunteer

Pernah denger sepak terjang para relawan? 
Pernah baca pengalaman seru berelawan? 
Punya temen relawan? 
Punya kecengan/pacar yang relawan? 
Pernah ngerasain asiknya jadi relawan? 
Ketagihan jadi relawan? 

Malam ini saya tiba-tiba teringat sama 1 proyek terkait relawanan. Tepatnya proyek untuk merecognisi peranan para relawan. 

Dari satu sisi, para relawan direcognisi atas peranannya. Di sisi yang lain, (harapannya) dengan semakin banyak orang yang mengetahui cerita peranan para relawan tersebut maka: 

  • peranan relawan makin banyak dipahami (asumsinya sekarang belum segitu dipahami dan dihayati peranan para relawan tersebut) 
  • peranan para relawan lebih bisa diapresiasi  
  • pembacanya bisa terispirasi dengan kisah yang ada
  • hasil akhirnya makin banyak orang yang tergerak untuk berelawan ria. 


Nama proyeknya: Hands of Volunteer

Proses kreatif untuk menghasilkan ide proyek ini cukup unik!

Bermula dari ajakan kumpul-kumpul dari @domzsaja . Agak gak jelas, kumpulnya mau ngapain. Seperti biasa, itulah kebiasaannya. Seru, gak jelas tapi seru! 

Rupanya dia sudah ngobrol-ngobrol sama @dollyisnawan tentang ide untuk bikin aktivitas terkait relawanan. 

Ide awalnya muncul dari sini cenah --> http://balloonsofbhutan.org/ . Ini sebuah proyek fotografi untuk menggambarkan tingkat kebahagian orang-orang Bhutan, yang mana katanya Bhutan ini: 
Based on a global survey, Business Week rated Bhutan the happiest country in Asia and the eighth-happiest in the world (2006)

Teknis penggambaran kebahagiaannya unik! Jonathan Harris, mewawancara 117 orang tentang tingkat kebahagiannya. Dan itu digambarkan dengan jumlah balon yang mereka pilih (10 untuk tingkat kebahagiannya yang paling poll). Lengkapnya tengok deh web tersebut. Keren!

Nah di sisi yang lain, proyek ini juga terinspirasi dari manfaat berelawan yang pernah Dolly dengar (atau baca ya? lupa lagi tepatnya) dari @ReneCC. 

Singkatnya kalau yang punya ide-ide dan kokonsepan si Dolly itu, dan kemudian kita berempat (Dom, saya, Dolly dan Jessis) yang kemudian mengolah idenya sehingga bisa menjadi sebuah platform yang bisa digunakan dan bermanfaat bagi sebanyak mungkin orang. 

Eksperimen mulai dilakukan selama beberapa jam. Mulai dari mikirin bentuk alat yang menggantikan peranan balon, kemudian bikin dummy tangan-tangan sebagai perlambang kebahagiaan relawan, beli kertas warnawarni (yang mana Ade Dom ternyata baru tau kalo ada kertas warna-warni dalam 1 pak kemasan wkwkwk. TK Sore*ang maklum), kokoreh kardus bekas, rempong tempel-menempel, bikin dummy foto-foto (pastinya bintangnya adalah kita-kita sendiri), gak terasa udah malam dan lapar, dilanjut makan nasi kucing (bersampah kertas nasi!), dan akhirnya beres-beres sampah bekas proses kreatif hari ini!

Seru dan ide serasa meletup-letup!

Kemudian dilakukanlah uji coba pertama di acara workshop pengelolaan relawan bersama @YuliaNadya dkk. Tukang fotonya Ade Dom. 
(tentang workshopnya belum pernah ditulis euy, tapi bisa lah intip keseruannya di album foto ini)

Dari aneka proses kreatif tersebut, akhirnya terlahir sebuah blog untuk media ber-Hands of Volunteer. 
Dolly yang bagian mamantes blog. Ini blognyaaaaaa: http://handsofvolunteer.wordpress.com/

Taglinenya: Menjadi relawan merupakan salah satu cara yang kami pilih untuk menjadi bahagia!

Copas deskripsinya ah 

Blog ini berisi cerita kebahagiaan teman-teman relawan lintas bidang dan lintas komunitas. Setiap relawan akan diwakili oleh foto saat dirinya sedang memegang sejumlah “tangan” yang menandakan tingkat kebahagiaannya sebagai relawan. Deskripsi dalam bentuk tulisan pendek tersedia pula untuk menggambarkan kebahagiaan tersebut. HANDS OF VOLUNTEER - demikian judul yang kami berikan untuk blog ini.
Semoga perjalanan anda dalam mengintip blog ini dapat mengantarkan anda untuk mencicipi kebahagiaan sebagai relawan.
Sudah pernah menjadi relawan? Berarti andapun dapat menambah jejeran panjang profil bahagia ala HANDS OF VOLUNTEER!

Gimana caranya supaya bisa jadi kontributor di blog ini? Caranya gampang, karena di blog tersebut sudah tersedia langkah-langkah detil yang bisa diterapkan langsung! Cek di sini.
*kita sesi foto-foto (lagi) untuk bikin tutorial tangannya :) 

Rencana awalnya: Kita mau bikin beberapa dummy, biar ada contoh untuk yang mau ikutan jadi kontributor. Tapi sampai sekarang belum juga dipegang lagi proyek ini. Padahal sampai-sampai om @FictorFerdinand udah turun tangan untuk ntranskrip hasil wawancaranya.

Oya, akun twitter, email, page pun sudah pernah dibuat. Sampai lupa namanya saking kelamaan.
Twitter : @Hands_Volunteer
Page facebook: Hands of Volunteer
http://handsofvolunteer.wordpress.com 

Penutupnya foto narsis saya. Nuhun foto dan kamera kerennya Ade Dom!

6 tangan melambangkan tingkat kebahagiaan yang paling poll dalam berelawan!


*Bulan Februari 2013 ini, mau mulai lagi garap proyek ini ah :) 
Yang mau ikutan volunteeran dalam pengelolaannya dan atau jadi kontributor, kabari-kabari ya :) Kontaknya sementara mention @anil_nw dulu (kalo-kalo aneka akun di atas belum sempat dicek secara rutin)

No comments:

Post a comment