Thursday 17 October 2019

Sehat Itu Nikmat

Sehat itu nikmat!

Kedengarannya biasa-biasa aja kan ya. Tapi setelah merasakan sakit, baru deh beneran kerasa nikmatnya sehat.

Jadi sekitar 2 minggu yang lalu, saya pulang dari kegiatan dan nyasar ke tempat yang gelap. Jalan kaki dan gak kelihatan ada undakan. Lalu jeblos deh keseleo. Kaki rasanya sakitt. Tapi masih perlu jalan perlahan sambil senyum karena ketinggalan charger laptop di tempat kegiatan.

Sesudahnya dicoba jalan tapi kusudah tak sanggup. Sakit pisan. Mencoba telepon akang, tapi akang ternyata masih belum pulang. Jadi mamang Grab-lah andalanku~

Si mamang Grab diminta jemput sampai ke TKP pisan. Sambil duduk sambil meringis dan tapi ga berani lihat kondisi kaki. Makin serem dan akan makin didramatisir kalau keliatan ada yang aneh. Entah melendung ataupun baret-baret. Jadi duduk aja sambil nyengir nahan sakit.

Lalu datanglah mamang Grab dan singkat cerita sampailah di rumah. Berbaring dan tetep ga berani lihat kondisi kaki. Lalu akang pulang dan ngecek kondisi kaki. Dan dia tea gayanya gitu kan. Bilangnya: gapapa, kalau main bola juga biasa kaya gini. BIASA GIMANA wkkwkw. Jelas-jelas sakit.

Lalu coba tanya tetangga terkait keberadaan tukang urut. Mending tukang urut yang ke rumah pan, daripada kudu naek lagi motor untuk mencapai tukang urut yang di jalan raya. Lalu akang dianter sama tetangga untuk nyamperin rumah tukang urutnya. Ada di gang belakang yang jalannya berkelok-kelok dan ternyata GAK ADA. Lagi pergi menjalankan profesinya alias lagi dipanggil ngurut.

Lalu akhirnya mikir lagi. Dan googling tukang urut terdekat. Rupanya ada deket UIN. Jadi akhirnya sambil meringis, naek motor dan pergi menuju ke sana. Kalau ditunda, takutnya parah. Dan diem aja tanpa usaha, bikin sakitnya pasti terasa menjadi-jadi.

Singkat cerita diurut dan akhirnya perlu pakai perban supaya obat-obatannya meresap. Obatnya kuning-kuning entah apa. Semacam kombinasi herbal tampaknya.

Masih bisa jalan tapi sakittt. Besoknya ada acara rapat di kantor dan udah janjian dari lama. Jadi yaudah tetep berangkat aja. Terasa banget deh, langkah demi langkah itu perlu usaha. Jadi kebayang, biasanya bras bres aja jalan tanpa sadar itu adalah sebuah kenikmatan. Sedangkan saat sudah cedera seperti itu, jalan kaki dari rumah sampai ke gang depan aja rasanya nyut-nyut-nikmat-pokonya-deh.

Kata tukang urutnya bakal sembuh dalam 3 hari. Setiap bangun tidur berharap bahwa kaki akan TRINGGG sembuh. Tapi engga deh. Wadaw. Mulai cemas karena saat ini kan sedang ikut sebagai responden terkait metode dalam latihan olahraga. Dan bulan ini hampir seluruh responden sudah harus selesai mengikuti rangkaian kegiatan. Juga cemas, ini bakal berapa lama lagi sembuh.

Di 1 hari pertama belum dibawa sholat karena masih mens. Hari kedua mulai sholat dan rasanya: YA ALLOH, SEGINI SUSAHNYA MAU SHOLAT. Kakinya tentu ga bisa ngelipet sebagaimana halnya posisi duduk tahiyat. Dan bingung jadinya harus digimanain posisinya. Semua posisi sakit. Sedih deh rasanya. karena biasanya sholat aja gebrasgebrus buru-buru dan seringkali masih males-malesan. Kalau sudah gini,  kondisi sakit kaki jadi pengingat betapa nikmatnya sehat.

Lalu akhirnya setelah seminggu berlalu, dicek lagi kakinya. Apakah sudah bisa dipakai olahraga atau belum. Dicek dulu sama dokter dan kesimpulannya adalah belum bisa gabung di kegiatan jadi responden. Bagian itunya sedih sih. Soalnnya penasaran dengan hasilnya. Apakah benar si lemak teh ada yang berubah menjadi otot setelah melalui banyak sesi latihan lari? Tapi yang  bikin lebih sedih adalah ketika dibilang bahwa keseleo biasanya akan benar-benar pulih 10-12 minggu. TENGGGG langsung ngahuleng.

Langsung kepikir, segitunya lamanya. Terus bakal nyut-nyut sakit aja gitu? WOWWW, segitu panjangnya masa penyembuhan. Lalu akhirnya pulang dan masih mikir terus. Dan setelahnya masih sakit aja si kaki.

Hari ini, tepatnya hari ke 13 setelah keseleo, rasanya kaki udah mendingan sih. Ada sakit-sakitnya sedikit. Tapi sholat mah udah ga meringis lagi. Walau tetep sih kakinya belum bisa nilep dengan sempurna. Semoga lebih cepet membaik. Gak 12 minggu banget lah ya.








4 comments:

  1. ass. saya setuju teteh, saya merasakannya banget. selama setahun penuh (tahun 2016-2017 ) saya bolak-balik gonta ganti dokter karena keluhan sakit perut parah di kanan atasyg sakitnya tembus sampai punggung, klo kambuh bisa semalaman saya ga tidur, semua dokter mendiagnosa saya fix kena GERD, jadi selama setahun itu saya hayoh terus makanin itu obat gerd semua. sakit gak kunjung sembuh, akhirnya saya putuskan buat USG dan mulai search mbah gugel soal keluhan saya, karena saya curiga saya kena batu empedu. dan setelah usg, hasilnya memang saya ada batu empedu dan dokter saranin saya operasi pengangkatan kantong empedu. tapi karena waktu itu anak bungsu saya masih bayi, gak bisa ditinggal, saya putuskan gak di operasi dan ikhtiar berobat alternatife kesana kesini, semua dicoba. apakah sembuh? saat itu belum. selama tahun 2018, setahun kemudian saya masih bolak balik dokter dan UGD! karna kolik nya makin sering kambuh. tersiksa udah pasti,urusan per-emak-an banyak terbengkalai. ini ujian sakit terberat dalam hidup saya. alhamdulillah, sekarang saya gak kambuh kolik lagi setelah berobat alternatife. wallahualam apa kabarnya dengan batu empedu saya karna blm usg lagi. apapun ikhtiarnya buat sembuh, tetep Allah yang berhak sembuhin. jadi total 2 tahun lebih saya sakit dan itu rasanya wow pisan lah, jadi banyak bersyukur dan tafakur selama sakit itu.

    btw, teteh rumahnya ternyata deket UIN bandung ya? sama dong teh!! daerah mana?hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 tahun mah luwar biasa atuh! Aku di belakang griya ujungberung teh. Genk bandung timurrr~

      Delete
  2. Betul kakak,sehat itu nikmat luar biasa. Sama kayak ibuku keseleo kaki juga tp karena sudah usia jadi tidak sembuh betul. Kalau capek sedikit bekas keseleo itu bengkak. Semoga pulih total ya agar bisa kembali beraktivitas dengan lancar. Anggi (anggioctvn.blogspot.com)

    ReplyDelete