Friday, 25 March 2016

Aceh dalam Kenangan :)

Tadi siang, dapet kabar dari Fara dan Rahyang bahwa mereka ketemu di Aceh!


Fara dan Rahyang (foto koleksi: Rahyang Nusantara) 

Rahyangnya dulu sempat kerja bareng 1 tim di YPBB dan Faranya adalah alumni program BLP Aceh. Bridging Leadership Program. YPBB (dan saya salah satu fasilitatornya) sempat ikut terlibat di program tersebut di rentang tahun 2007-2011.

Begitu dapet kabar tersebut, ingatan saya langsung melayang ke berbagai hal terkait Aceh! (mie dan kopi sanger salah dua hal yang saya ingat cepats heehhe)

Malem ini, mau flashback dikit tentang Aceh-acehan ah :) Ini beneran mengandalkan ingatan dan hasil bongkar-bongkar dokumen kegiatan. Dulu belum musim hape kamera kaya sekarang soalnya.

2006:
Kali pertama naik pesawat!
Bukan untuk program BLP sih, tapi kalau gak salah jadi notulen untuk kegiatan Kail. Yang diinget, ada pelatihan di rumah kayu dan sesi prakteknya (team building) berlokasi di pantai. Pantai yang dulu kehantem tsunami.

Lalu ada kesempatan selanjutnya untuk jadi tim fasilitator program BLP! Lokasi pelatihannya jauuuuhh dari kota yaitu di Takengon. Ga nemu foto-fotonya. Tapi itu tempat yang indah pisannnnn. Begitu bangun, bisa lihat danau! Di perjalanan, saya pertama kalinya lihat gajah yang ada di alam terbuka, tanpa dikandangin dan hutannya hutan yang masih asli!

Saat itu masih banyak mobil-mobil asing di area Aceh karena masih dalam masa perbaikan setelah porak-poranda tsunami.

2008:
BLP tidak ada tahun 2007. Tapi lalu BLP dilanjut lagi tahun 2008. Saat itu kepanitian dibantu oleh beberapa alumni angkatan satu. Lokasinya tetap tidak di Banda Aceh. Kali ini di Jantho.

Lihat nih kerennya pemandangan dari balik lokasi pelatihan di kala ituuu.


Pemandangan dari Bapelkes Jantho

Kondisi alam di Aceh ini masih banyak yang kereeeeeen dan alami. Saya lupa tepatnya dimana, tapi ada daerah yang selokan dan sungainya masih jernihhhh. Harap maklumi kekatroan saya dan teman-teman kala melihat kondisi yang masih alami ini. Secara, di Jawa udah mulai jarang ada sungai yang jernih. Kalaupun ada, perlu nyusruk-nyusruk jalannya.

Saat itu, fasilitator dari YPBB masih bertiga: saya, David dan Dedi. Selain berkegiatan di kelas, beberapa bagian dari pelatihan juga diadakan di luar seperti di lapangan dan juga spot-spot nongkrong. Pamer beberapa foto dulu nih ya. Seneng banget rasanya pas bongkar-bongkar arsip foto BLP!

Simulasi Kesejahteraan

Kerja kelompok sambil ngademmm

Keseruan sebagian peserta BLP 2


2009:
Melalui program BLP tersebut, mulai tahun 2008 saya minimal setahun sekali ke Aceh!
Gak nemu dimana foto-foto ketika angkatan tiga ini pelatihan. Tapi ada foto bareng angkatan mereka.

Angkatan 3 BLP versi resmi

2010-2011:
Kembali lagi ke Aceh! Tapi tahun 2011 ternyata menjadi tahun terakhir saya ke Aceh untuk BLP! Sedih :(
Tapi cukup bahagia karena selama beberapa tahun bolak-balik ke Aceh dapet banyak pengalaman dan juga teman baru. Dan mudah-mudahan rangkaian pelatihan ini menjadi salah satu peristiwa penting dalam hidup teman-teman BLP juga. Tim YPBB pun bertambah, mulai tahun 2010 ada Rima dan Piki.

Formasi terakhir tim fasilitator BLP - YPBB, kala itu kita pakai pin kenang-kenangan dari peserta!

Pelatihan 4 ini ada 2 gelombang. Gelombang 1 diadakan di Mata Ie dan gelombang 2-nya diadakan di kantor BLP. Ada bang Yeye sebagai staf Aceh di angkatan 3 dan di angkatan 4 ada bang Dayat. Selain itu ada TOT juga untuk para alumni yang mulai belajar fasilitasi di acara pelatihan angkatan 4.

Ini rumah tempat pelatihan angkatan 4! 

Warna rumah di aceh cenderung gonjreng-gonjeng. Dan rumah kayu sebagai rumah yang lebih berkelanjutan, ternyata makin lama makin berkurang.

Salah satu rumah Aceh yang ditemui saat kunjungan lapangan


Angkatan 4 yang seru!

Selain kegiatan di Aceh, ada juga kegiatan magang di pulau Jawa bagi beberapa orang peserta dan YPBB sempat menjadi salah satu organisasi tujuan magang. Selain mengenal aktivitas di lembaga tujuan, para peserta pun belajar tentang pola hidup yang baru. Itu semua menjadi pengalaman baru buat mereka.

Di angkatan 4 BLP, pasca magang mereka berpelatihan di Bandung. Sharing pengalaman dan beberapa aktivitas layaknya pelatihan. Saya dan Rima waktu itu menengok mereka dan ngajak mereka melihat kota Bandung sejenak. 

Hmmm, ada banyak kenangan berseliweran di kepala saat melihat kumpulan foto kegiatan BLP Aceh di rentang 2007-2011. Dan sebenernya banyaaaaakk banget yang saya pengen ceritain. Ini bagai menyusul puzzle ingatan dari banyak peristiwa di masa itu. 

Dan akhirnya semua menjadi kenangan indah. Sampai ketemu lagi Aceh dan teman-teman BLP :)
Biar bagaimanapun, Aceh lebih berpeluang untuk berkelanjutan dibanding pulau Jawa yang alamnya sudah hancur lebur ini!

*seluruh foto dari arsip YPBB - BLP








Follow @1mg1cerita

No comments:

Post a comment