Monday 11 July 2016

Yuk Bersenang-senang :)

Kebahagiaan setiap orang bisa berbeda-beda sumbernya. 

Ada yang merasa bahwa: 
Kalau punya penghasilan dua digit maka dia akan bahagia.
Kalau punya pasangan yang cantik jelita dan ganteng maka dia akan bahagia. 
Kalau punya anak cowo maka dia akan bahagia. 
Kalau punya rumah di komplek yang elit maka dia akan bahagia
Kalau punya deposito 1 M maka dia akan bahagia
dan seterusnya
dan seterusnya

Tapi benarkah demikian? 
Cukup banyak orang yang punya hal-hal yang saya sebut di atas, tapi tetep aja merasa ada yang kurang dalam hidupnya. 

Jadi, sebenarnya apakah bahagia itu

Kalau cari pengertiannya, bisa didapat definisi yang bermacam-macam dan saya tidak akan membahasnya di tulisan ini. Sesungguhnya saya hanya ingin bercerita bahwa saat liburan lebaran kemarin, saya nemu 1 kebahagiaan kecil. Rasanya nyaman weh bisa keliaran di Gramedia. Tanpa keluarin uang karena emang gak beli apa-apa. Muter-muter dan ngeceng-ngeceng buku yang dirasa asik buat dibaca. Waktunya puputerannya hanya sekitar 1 jam, tapi rasanya seneng. Dulu aktivitas muter di toko buku cukup sering dilakukan. Dulu ada tradisi: minimal sebulan beli 1 buku baru. Dan juga pernah ada masanya: namatin buku di gramedia dalam beberapa kali kunjungan hehehhe. Itu biasanya karena pas lagi gak punya uang tapi penasaran pengen baca. 

Jadi, sesungguhnya rasa bahagia dan senang itu bisa didapat dari 1 hal kecil yang sederhana: melakukan hal yang berbeda dari keseharian!

Dari 1 rasa bahagia maka pindahlah ke rasa kebahagiaan yang lain! Hidup mah sesederhana gitu aja sih kayanya.

Lalu, dari sekian buku yang dikeceng itu, ada 1 buku yang kemudian jadi kepikir: POKONYA KUDU DIBELI SECEPATNYA. 

Dimulai dengan ngepoin akun instagramnya



Jadi makin kebayang dan jadi pengen beli. Ilustrasinya lucu-lucu dan kata-katanya positif dan kepikirannya: kayanya bisa buat nyicil numpukin rasa bahagia yang beda dari hari ke hari pakai cara-cara yang sederhana. 

Kesimpulannya: akhirnya beli buku aktivitas tersebut! Dan untuk menimbulkan rasa bahagia karena bisa dapet harga yang miring, belinya di Rumah Buku dong ah. Mayan, diskon 20% tea dan disampulin. 

Dan saya mulai dengan mengambil tantangan nomer 2 yaitu bikin Memory Jar: nulis hal yang menyenangkan yang terjadi setiap harinya di secarik kertas. Kertasnya lalu dimasukin ke jar alias keler. Wadah apa aja sih sebenernya tapi akan lebih baik wadah yang transparan supaya bisa keintip dari luar. 




Kata bukunya: dengan melakukan ini, kita bakal terlatih buat bersyukur setiap harinya. 

Mari dicobaaaa~

Di buku ini banyak tantangan-tantangan yang seru. Yang ga pake biaya ada, yang pake barang-barang yang udah ada di sekitar ada, ada yang sifatnya hanya modif dikit dari yang biasa dilakukan, ada proses bikin-bikin seseruan. Semua sifatnya ide kreatif yang bisa disesuaikan sama minat dan kondisi kitanya. 

Oiya, selain beli buku ini, nemu juga 1 buku di bazarnya. Terbitan lama. 2002. Meureun karena stok lama. Rasanya jaman dahulu kala pernah ngincer buku ini, tapi harganya kerasa mahal. Rupanya baru kebeli setelah bertaun-taun berlalu. Kalau si buku pink yang 365 itu sifatnya lebih ke buku aktivitas untuk bersenang-senang. Rasa bahagia yang kayanya bakal didapet dari buku yang satunya ini, lebih kepada rasa bahagia karena bisa belajar hal baru. 




YEAY! Mari berbahagia dan yuk bersenang-senang~


6 comments:

  1. Bener ya teh..ide kreatif, dan kepikiran nulis buku soal aktivitasny..jadi kabita beli aahhh :)

    ReplyDelete
  2. Gak sekalian aja teh.... ditulis aktivitasnya apa aja... 😁

    ReplyDelete
  3. Dulu awal 2015 pernah kepikiran juga bikin "Jar of Happiness", tapi keburu merantau (dan kelamaan milih jar-nya :p), jadi belum terlaksana deh hahaha!

    Ohya, di instagram juga ada akun yang 'mengingatkan' kita bahwa kebahagiaan itu kadang disebabkan hal-hal ringan aja. Bisa dicek di @the.official.happiness.is dan beberapa 'kebahagiaan' versi aku yang diambil dari IG itu juga udah pernah ditulis di blog ;)

    ReplyDelete
  4. wahhh cek ah... aku juga pengen bahagia

    ReplyDelete
  5. Ah..bahagia itu sederhana yaa teh..
    Sesederhana menghirup udara yang gratis dan hampir (selalu) lupa kita syukurin...

    ReplyDelete
  6. Teh Anil..kok sama aku waktu jaman SMA di bdg suka bgt lama-lama di gramed bacain buku bagus yang udah dibuka..haha #gamodal

    ReplyDelete