Tuesday 8 February 2022

Vibe = Atmosfer

Saya baru tau bahwa padanan kata vibe yang lebih pas dalam bahasa Indonesia adalah atmosfer. Kirain lebih cocok kata aura. Aura kok langsung kepikiran sesuatu yang supranatural dan berbau mistis ya? Sedangkan atmosfer langsung kebayangnya Atmosfer cafe wkkw. Masih ada ga ya cafe itu? (beneran langsung gugling dan ada!). Napa kepikiran itu? Tentu saja itu bukan karena merupakan tempat yang pernah punya kenangan sama si ehm ato si uhuk-uhuk. Tapi karena dulu sering denger iklannya di radio dan ngeliat bentukan si cafenya pas ngelewat naek angkot. 

Balik lagi ke kata atmosfer yang merupakan padanan dari kata vibe dalam bahasa Inggris. Saya bukan sok-sok-an beringgris ria, tapi tentu kita semua sekarang jadi lebih sering denger bahasa yang campur-campur di media ataupun pada percakapan sehari-hari. Makin sulit cari orang yang ngomongnya satu bahasa secara penuh. (hanya yang bener-bener cerdas yang bisa berbicara Inggris full dan lancar, tapi saat pindah ke bahasa Indonesia, ngomongnya ga campur-campur, Itulah kecerdasasan berbahasa). Jadi pasti kita (saya lah paling engga) lebih sering denger kata vibe dibanding kata atmosfer.  

Ngomong-ngomong tentang atmosfer (mari kita biasakan pakai kata tersebut), tadi pagi saya ingin menciptakan atmosfer keceriaan saat masak dan cuci piring, sehingga memutar playlist lagu yang mengandung unsur cerita. Karena playlistnya bikinin orang lain di spotify, tentu selera keceriaan pembuatnya bisa jadi berbeda dengan selera keceriaan yang saya harapkan. Di playlist tersebut, saya jadi nemu satu lagu yang baru banget didenger dan beneran bikin pagi lebih ceria. Apalagi pas lihat video penampilan langsungnya di youtube sambil sarapan. Cocok deh selera saya (untuk lagu tersebut) dengan selera si pembuat playlist. 

Silakan yang butuh keceriaan boleh tengok video ini ya. Ini menciptakan atmosfer ceria sekaligus mengingatkan akan Sunda dan Bandung. Tapi kayanya beda versi dengan selera kesundaan yang disukai oleh akang. Pokonya harus aja beda ya pasutri ini tuh 😅



Atmosfer yang kita bangun dalam diri beneran terserah selera kita. Bisa aja kan tadi pagi saya memilih untuk rudet sambil cuci piring? Ato masak sambil ngomel? Tapi ya buat apaaa. Kehidupan pagi terlalu indah buat dilewatkan begitu saja. 

Termasuk saat emang beneran banyak pancingan untuk rudet, saya mencoba untuk menumpahkan unek-unek berbentuk tulisan yang tidak dipublikasi tentunya (isinya keluhan semua wkkw) saat kondisi sedang berjalan. Biar apaaaaa? Tentu biar ada "tempat sampah" untuk membuang keluhan saya yang panjangnya macam antrian ke wahana di Dufan, Dan tentu saja biar bisa lebih fokus memusatkan pikiran ke hal yang sedang dijalani. 

Bukannya bisa nunda ya untuk menumpahkan keluhan dalam kepala? 
Sayangnya saya belum semulia itu. Jadi mendingan sediain "tempat sampah" untuk ngebuang pikiran-pikiran "spontan" yang dirasa ga baik untuk diomongin langsung. Sayang juga kalo si keluhan-keluhan itu ga dicatet pun. Saat kondisi lebih tenang, list keluhan itu bisa disulap jadi list ide. Beberapa poin yang dirasa cemerlang, tinggal dibalik aja jadi bahasa yang positif, jadi deh list ide-ide cemerlang. 

  

Sekalian ikutan tulisan bertema di 1minggu1cerita!





  

1 comment:

  1. mampir kemari gegara nyari bahasa indonya immaculate vibe. untuk ke depannya sy bakal pake atmosfernya nirmala/ atmosfernya tanpa cacat

    ReplyDelete