Saturday 16 August 2014

Reuse Makanan: Lumpia Goreng!

Banyak ide yang berkeliaran di otak. Tapi perlu diolah lebih lanjut. Sekarang kita cerita-cerita yang ringan aja dulu yah.

Kalau diem di rumah, kadang kita menemui sisa-sisa makanan. Kalau di rumah, dari jaman dulu pisan, emang udah kebiasaan rada buruk saat manage jumlah makanan yang dimasak. Penyebabnya  bisa macem-macem, tapi bukan itu tema yang mau diceritain sekarang.

Yang mau dibahas adalah: gimana cara menyelamatkan makanan sisa tersebut? Atau gimana cara me-reuse makanan tersebut? Supaya gak langsung saja terbuang? 

Beberapa hari yang lalu ada sisa tumis buncis semangkok. Maka langsung lah kita berdua (saya dan adik) mikir cara manfaatinnya. Setelah ngobrol-ngobrol, belanjalah saya ke warung. Beli kulit lumpia, bawang daun, bawang bombay.

Mari kita membuat lumpia goreng!
1)      Awalnya potong-potong dulu bawang daun dan bawang bombay



2)      Campurkan potongan bawang daun dan bombay ke dalam sisa makanan (dalam hal ini tumis buncis)
3)      Kulit lumpia yang biasanya nempel-nempel dipisahkan satu-satu
4)      Gelar kulit lumpia di atas talenan atau bidang datar lainnya
5)      Masukkan sekitar 1 sendok makan campuran tumis ke atas kulit lumpia
6)      Lipat secara dan sehingga terbentuk seperti lumpia
7)      Pakai tepung cair (dibikin dari tepung yang diberi air) sebagai lem pada lipatan terakhir lumpia


8)      Goreng dalam api sedang
9)      Tiriskan minyaknya
10)   Hasil reuse makanan berupa lumpia siap dimakan! Bisa dicocol dengan sambal botol atau jenis sambal lainnya. Dijamin lumpia ini lebih laku dibanding tumis sisa kemarin.

Manfaat dari bikin lumpia goreng dengan isi sisa makanan ini pastinya bisa memanfaatkan bahan yang ada (daripada langsung dibuang karena gada yang mau makan karena udah gak habis) dan kalau masaknya bareng-bareng, bisa tambah akrab karena sambil ngerumpi heheh.
Slamat makaaaaaan J


1 comment: