Friday, 12 December 2014

Di Acara Bibioporian!

Cung, siapa yang waktu kecilnya suka main di Taman Lalu Lintasssss?
Tapi kenapah, lalu lintas di Bandung begitu semrawut?




Udah, tong serius teuing bahas kesemrawutan lalu lintas kota ini. Sambil mengenang masa kecil, mending sambil saya ceritain sedikit tentang kegiatan seru yang diadakan di area tersebut.

Lengkapi Sejuta Biopori (Lestari) merupakan kegiatan pembuatan biopori secara masal di area Taman Lalu Lintas Bandung yang diselenggarakan oleh Astra First. Tim YPBB (Entis dan saya) hadir untuk memberikan materi pengantar dalam kegiatan yang telah diselenggarakan pada tanggal 29 November 2014 tersebut.

Foto saya gada euy zzzzz
Nanti minta sama panicia ah #narsis

TNI, warga dan mahasiswa bersama-sama membuat LBR (lubang resapan biopori) di area Taman Lalu Lintas. Bapak tentara mah jagoan euy, kerja cepat. Maklumlah udah terbiasa beraktifitas di lapangan.




Setelah dibuat, harusnya tentunya akan diisi rutin sehingga bisa membentuk biopori yang akan menjadi lubang-lubang kecil cadangan air dan tentunya bisa mengkompos sampah organis.

Moga pengomposan di area ini bisa berjalan konsisten dengan metode Biopori. Udah wanti-wanti bawel sih, supaya mahasiswa panicia segera berkoordinasi dengan pihak Taman Lalu Lintas untuk membicarakan rencana tindak lanjut dari aktivitas pembuatan LBR ini. Kalau pinjem bahasanya teh Hani mah, perlu ada aktivitas #marabanBiopori cenah.

Selayaknya acara pada umumnya, ada sambutan dari berbagai pihak sebelum acara dimulai. Sejembreng! Mulai dari ketua panitia, camat, pihak Unpar, pihak Astra dan pihak Taman Lalu Lintas. Semoga ini menjadi penanda kolaborasi yang erat di kemudian hari.

Setelah kerja bakti membuat LBR (lubang resapan biopori), seluruh peserta disuguhi makan siang yang #ZeroWaste ! Prasmanan menggunakan gelas dan piring kaca. Sisa daun pisang dan makanan lainnya, bisa langsung masuk biopori. Asik!




Moga pengomposan di Taman Lalu Lintas bisa berjalan konsisten dengan metode Biopori.

Acara berjalan lancar dan tanpa hujan. Alhamdulillah. Begitu beres makan dan pamitan-pamitan, eta hujan meni ngagebret.

Demikianlah cerita singkat dari aktivitas di Taman Lalu Lintas beberapa hari yang lalu.


PS: Sudahkan bioporimu diparaban?
(PS = pesan sponsor heheheh)

No comments:

Post a comment