Sunday, 21 May 2017

Perubahan si Robot

Robot biasanya selalu menjalankan perintah yang sama setiap harinya. Manusia bila bertahun-tahun sudah terbiasa hidup seperti robot, maka apalah artinya kebebasan berekspresi?!? Si robot saat diberi kebebasan, malah BINGUNG karena perintah yang dipelajarinya BERBEDA. Si robot perlu cara hidup baru untuk bisa bertahan dengan goncangan era kebebasan berekspresi.


Foto dari sini



Kebiasaan mengikuti perintah membuat si robot tak tahu apa yang sebenernya dia mau. Bahkan dia tak tahu bahwa dia bisa bebas untuk memiliki keinginan dan juga mengungkapkan keinginannya itu dalam berbagai bentuk ekspresi. 
Jadi, berilah si robot waktu untuk berubah! Mulai dengan memberikan kesempatan dia untuk mengamati ekspresi dari orang-orang yang sudah terbiasa memahami keinginan dan mengekspresikannya. Saat itu mungkin dia akan banyak diam. Biarkan saja. Dia sedang belajar secara perlahan.

Sambil sesekali berilah ruang untuk si robot untuk mulai bereksperimen mengungkapkan kebebasan berekspresinya. Mungkin akan terasa aneh buat si robot. Maka dukunglah dia. Dan yakinkan dengan sikap dan perkataan bahwa berekspresi adalah hal yang biasa saja. Mulai berikan juga pujian untuk setiap kemajuannya. Kasihan robot belum pernah merasakan diapresiasi. Yang biasa dia dapatkan hanyalah perintah yang selalu itu-itu saja.

Tunggulah dia untuk berkembang pada tahapan ini. 
Lama-lama proses tersebut akan menghantarkan si robot untuk lebih memahami apa-yang-dia-mau. Bila proses berjalan dengan mulus, selanjutnya si robot akan naik ke level yang lebih tinggi lagi yaitu dapat merasakan bahwa berekspresi merupakan kebutuhan sehari-hari. Layaknya kebutuhan makan dan minum. 

No comments:

Post a comment