Friday, 5 May 2017

Merindukan Otomatisasi


Karena ini minggu tema, dan temanya baper tentang rindu, maka bingunglah mau nulis apa.

Yaudah, saya mau merindukan sesuatu yang ga bikin baper aja deh. Tapi beneran, saya sebegitunya keukeuh menginginkan kehadiran otomatisasi di dalam program 1minggu1cerita. Kemerindukannya~

Mengapa?
Bukan supaya saya mikir atau ngomong maka  cerita otomatis terketik dan tersetor (walaupun kalau itu bisa terjadi, pasti sangat bermanfaat wkkwkw. Secara saya pasti aja ada bolosnya nyetor tulisan).

Tapiiiii,
pengalaman ngadmin 1minggu1cerita beberapa tahun belakangan ini (sekitar 3 taun. Rada lama juga yak), membuat saya perlu melakukan hal yang sama berulang-ulang. Seneng kalo dikit dan ada waktunya. Tapi di saat sibuk (bahkan suka kompak sibuknya sama admin yang lain), suka bikin sistem pengelolaan 1minggu1cerita jadi ada yang "bolong". Ya karena dikerjakan secara manual tadi.

Dan saya yakin banget bahwa: di belahan bumi lain atau ada orang lain di dunia ini, yang pasti tau caranya bikin pekerjaan berpola dan berulang itu menjadi lebih mudah dan terotomatisasi dan tentunya bisa mengerjakannya sebagai kerjaan sambilan karena memang sudah keahliannya di bidang tersebut.

Otomatisasi yang sudah mulai dilakukan, baru proses memaksimalkan google form. Eh itu juga belum maksimal-maksimal amet kayanya. Tara dioprek lagi, sebatas kebiasaan pakai google form sesuai kebutuhan saja. Gambarannya, kalau member setor tulisannya ke bit.ly/setoran1m1c maka nanti datanya langsung masuk secara otomatis ke tabel google sheet (seperti tabel excel). Google form juga dipakai untuk melibatkan member saat memilih tulisan favorit mingguan.

Paling baru gitu-gitu aja yang dilakukan. Untuk koordinasi dengan admin, yang dimaksimalkan adalah grup wasap. Yang kadang suka lieurrr lagi kalau mau track sebuah tema obrolan karena gada pengelompokan yang jelas antar obrolan. Seru sih, jadinya ngerjain peran admin dibawa santai aja. Tapi begitu ga on di grup beberapa hari, ngescrol ke atasnya lumayan juga. Dan kadang ada ide-ide cemerlang yang muncul saat ngobrol dan jadinya gak kerekam.

Nah, sehinggaaaa sempat ada beberapa ide yang kepikir akan mempermudah hidup admin dan tentunya memaksimalkan layanan untuk para member. Saya waktu itu ngelist di grup admin (dan rasanya masih jauh dari komplit) tapi dicopas aja dulu deh daftar otomatisasi yang dirindukan tersebut, supaya tak hilang tertelan waktu:


  1. Form setoran, selain pakai link yg mudah diingat, juga bisa diakses di web. Setelah member setor ada konfirmasi ke emailnya bahwa dia sudah setor. 
  2. Data setoran itu bisa langsung publish ke web. Ada menu tertentu yang penyusunannya lebih enak dilihat oleh member maupun non member. Kepikirannya bisa dilihat pakai kategori tertentu: misalnya kategori minggu ke atau nama member dll.
  3. Setoran tersebut juga bisa langsung memberikan rangkuman data real: misalnya ada spot tertentu di web yg menampilkan data: 
  • jumlah tulisan yang masuk pertahun 
  • jumlah member aktif 
  • rata-rata persentase tingkat kerajinan menulis (jadi bisa terukur "pengaruh" 1minggu1cerita terhadap membernya, walaupun member rajin nulis belum tentu karena pengaruh 1minggu1cerita hahah) 

Dari database setoran itu juga bisa diolah langsung (selama ini dilakukan manual)
  • Siapa aja yg dalam posisi terancam (sudah 4 atau 5 kali --> datanya kalo bisa keluar di web. Jadi si member ngeuh dan si admin bisa segera kirim email reminder. Bahkan kalau bisa, admin hanya perlu bikin template email dan email terkirim langsung ke member 
  • Siapa saja yg perlu dikick dari program. Sama seperti poin pertama inginnya: tertampil di web dan bisa kirim email konfirmasi secara otomatis 
  • Kemudian ada daftar member. Selama ini udah ada di bit.ly/nomorMember >> tapi enaknya: menu tersebut juga ada di web. dan terkoneksi dengan database setoran sehingga akan langsung terhapus baris member yg terkick 

Untuk Giveaway (GA):
Perlu ada menu khusus yang berisi:
  • GA yg pernah diberikan: pemberi GA - apa barangnya - penerima GA - minggu (GA nya diberikan di periode kapan) - status pengiriman GA (sudah terkirim atau belum) - foto GA 
  • Daftar GA yg akan datang: pemberi GA - apa barangnya - foto GA
  • Form online bagi yg ingin sumbang GA

Untuk Tema:
Perlu ada menu khusus juga tema yg pernah diberikan: tema - minggu ke

Baru itu yang kepikiran. Yuk siapa yang mau bantu memfinalkan seluruh proses otomatisasi tersebut? Yang pasti tim 1minggu1cerita tak punya dana untuk proses ini. Mari dikerjakan secara asik-asik-an sesuai dengan waktu yang tersedia.

Lengkapnya tentang 1minggu1cerita dan segala aktivitasnya bisa ditengok di web, grup facebook, page facebook, twitter, dan atau instagram-nya



No comments:

Post a comment