Friday 12 May 2017

Teras yang Hangat

Kemarin malam saya diajak Akang mengunjungi rumah temannya. Malam-malam disuguhi teh hangat, pisang goreng hangat dan obrolan hangat, tentunya sangat mengesankan. 






Ketiga komponen yang hangat tersebut, diwadahi oleh teras yang asik banget. Sayang saya tidak bisa memperlihatkan dalam bentuk foto karena kondisinya saat itu sudah gelap. Kalau diceritakan secara singkat: di teras itu ada kursi sofa, 2 kursi makan, meja pendek yang diberi taplak putih, tempat duduk tambahan berupa bangku kayu dan udara yang sejuk karena berada di kawasan atas Bandung Timur. Mata pun dimanjakan oleh pandangan langsung ke kebun yang hijau-hijau berisi beberapa tanaman pangan. Dari teras tersebut, ada jalan berbatu yang langsung menuju ke balong. Wuih asik banget pokonya.


Langsung kepikir (lagi) pengen punya rumah yang ada terasnya!


Saya lalu teringat pada satu tulisan sebelumnya tentang rumah yang yahud alias rumah impian saya yang ditulis awal tahun kemarin. Di situ belum spesifik dituliskan pengen teras yang hangat. Tapi mulai tertulis poin rumah yang hangat dan meriah. Pengalaman saya dengan teras yang hangat juga terjadi di rumah Sumedang dan rumah Cimahi. Beberapa kunjungan saya ke Sumedang selalu akhirnya sampai di nongkrong dan makan-makan di teras. Rasanya lebih nyaman di teras daripada di dalam rumah. Yang seru kalau di Sumedang, pemandangan dari teras indah banget karena langsung mandang ke arah pepohonoan hijauhijau dan juga kalau mau makan, tinggal teriak-teriak manggil tetangga buat barengan karena sebrang-sebrang dan sebelah-sebelahnya saudara semua. Pengalaman di rumah Cimahi waktu masih tinggal rame-rame sama om tante, dulu pusat peradabannya ada di beberapa tempat. Kita bisa ngobrol lama banget di teras, ruang tamu, ruang tengah, bahkan 1 kasur rame-rame sampai kasurnya ambruk wkkwkw. Teras tersebut mulai jarang digunakan saat penghuni rumah mulai berpindah. Tapi teras itu menyisakan banyak kenangan hangat di masa kecil. 


Yihaaa! Mari semangat cari uang dan cari akses biar bisa punya rumah berteras hangat!

1 comment:

  1. Pengin punya rumah yang ada terasnya di samping. Di depannya ada kolam sama beberapa pepohonan.

    ReplyDelete