Thursday, 16 January 2014

Hari 11: Roti #ZeroWaste ! Bisa!

Siapa suka makan rotiiiii?
Sebagian besar roti yang beredar di pasaran terbuat dari tepung terigu.
Dan terigu itu bahan dasarnya apa anak-anakkkkk?
Ya betul! Dari gandum.
Dan gandum bahkan gak bisa ditanam di Indonesia.
Jadi kesimpulannya: roti bukan makanan lokal.
Ya begitulah faktanya.

Tapi pengen makan rotiiiiii!
Yasudah, mari makan roti yang tanpa sampah yah. Tanpa sampah kemasan plastik dan kemasan lainnya yang hanya sebentar dipegang beberapa menit dan kemudian langsung masuk ke tempat sampah.

Pilihan pertama: BIKIN ROTI SENDIRI di rumah.
Ini bisa banget tanpa kemasan plastik karena langsung "blem" dimakan.
*jadi inget jaman jadi tukang bikin dan dagang roti

Malam ini baru iseng coba-coba beli roti tanpa plastik.
Di tempat belinya tersebut, hukumnya adalah: seluruh roti harus dibungkus.

Pas tadi liat, masih ada roti yang numpuk belum dibungkusin! Langsung timbul ide untuk "ngetes" kemungkinan ber- ZeroWaste di tempat dagang roti tersebut.

Nih rotinya. Nyam-nyam



Kemudian saya minta petugasnya untuk mewadahi roti tersebut ke dalam misting.
Dan dianya langsung bilang: yasudah diplastikin dulu, nanti di kasir dibuka lagi plastiknya.
LOH, sama aja itu sih menghasilkan sampah plastik heheheh.

Akhirnya saya berikan ide untuk: label harga bisa ditempel di luar misting, sehingga diharapkan kasir tidak kebingungan dengan perbedaan yang terjadi.
Dia bingung sepertinya dan akhirnya bilang: "yasudah diwadahi misting, saya mintakan bon dulu yah."

Tiba-tiba dia bawa selembar bon yang sudah ditempeli harga roti tersebut.


Jadi hari ini saya tidak menghasilkan sampah plastik, tapi masih digantikan oleh selembar bon kertas.

Mari kita makan roti #ZeroWaste ! Slamat makan :)





No comments:

Post a comment