Monday, 13 January 2014

Hari 8: Hore-hore Papasakan!

Salah satu kebiasaan di kantor adalah Hore-hore Papasakan!
Maksudnya: kadang kita janjian untuk masak bareng, ada yang belanja, ada yang motong-motong, masak, nyuci piring dan kemudian makan bareng.

Sederhana, membahagiakan dan jadi sarana untuk mendekatkan ikatan emosional :) 
Dulu sih, sampai ada uang kasnya segala (trus sekarang apa kabar ya?). Biasanya diawali dengan riweuh ngobrolin pengen bikin ini bikin, sehingga tersusunlah daftar menu. Dan saya jadi salah satu tukang belanja. Modus aja sih, supaya peranannya ada hehehhe. Biar masaknya hanya kebagian sedikit. 2 peranan lagi yang biasanya saya ambil: motong-motong dan cuci piring. Yang diambil memang kerjaan yang gak usah pake mikir semua :)

Begini nih, contoh balanjaannya. Sebisa mungkin gak pake plastik apapun. Jebrus-jebrus jadi 1 wadah dan pakai tas kain. Juga biasanya bawa misting untuk beli bahan-bahan tertentu.



Selain makanan berat, kadang dilakukan juga proses bikin snack-snack-an Berikut beberapa contohnya :) Nyem-nyem...

bala-bala

onion ring!
sampeu kukus
seblaks!
Dalam hal minuman pun, suka aja ada yang iseng pengen bikin ini, bikin itu. Salah satu contohnya, bikin air jeruk manis! Segar, alami, tanpa pengawet, pewarna ataupun gula yang aneh-aneh.




Menu paling sering dimasak adalah LIWET. Sehingga judul acaranya pun, biasanya disebut NGALIWET. Teman nasinya sih bisa macem-macem. Ini beberapa contoh teman nasinya.

1) Menu yang ga boleh kelewat adalah si jengkol. Tapi saya ga pernah makan. Ampun ah. Nih yang mentahnya. Tingjaletot!



2) Tahu tempe. Ini juga standar pisan. Berikut saat si tahu tempe mejeng bareng si jengkols.


3) Asin! Segala asin bisa sih. Salah satu yang memikat hati tuh asin sepat. Nyem! Ada contoh asin lainnya nih, gatau namanya apa.


4) Sambel! Ini juga jenisnya macem-macem. Tergantung siapa yang nyambel saat itu. Masing-masing punya selera. Nih contoh sambeleun. (sambeleun = bahan untuk nyambel)


5) Terkadang suka muncul masakan-masakan bintang tamu. Contohnya ini! Lupa namanya. Yang pasti kacang panjang (dalam artian sebenarnya karena gak dipotongin), dikasi bumbu kuning-kuning gitu. Makanan khas Bali katanya. Enak lah pastinya.



Itu komponen-komponen dari liwet. Dan ini beberapa contoh seri lengkap liwetan! Laperrr deh jadinya :)




Yang terahir ini spesial, soalnya tingkat keterlibatan saya dalam masak, lebih dari 75% hehhehe. Dan juga......Sudahlah, mari kita tengok seperti apa hasil pasakannya :)



Kerbersamaannya itu yang bikin acara papasakan jadi makin menyenangkan.

Dapet dadah-dadah nih dari peserta papasakan :)




Jadi, kapan kita papasakan dan ngeliwet lagi?

No comments:

Post a comment