Tuesday, 14 January 2014

Hari 9: Timbul Tenggelamnya Forum/Jaringan (bidang lingkungan di Bandung) -1

Dari beberapa tahun ini main-main di isu lingkungan, ternyata yang namanya forum/jaringan akan selalu ada. Nama bisa berganti, tetapi beberapa pemain tetap, sisanya silih berganti datang dan pergi sesuai dengan kepentingannya.

Kalau Walhi kehitungnya masuk forum/jaringan bukan ya? YPBB (tempat utama saya beraktivitas lilingkunganan) menjadi salah satu anggotanya. Spesifik Walhi Jawa Barat karena Walhi dibaginya perprovinsi. Walhi ada dari jaman awal saya masuk YPBB tahun 2005an sampai sekarang. Tapi walaupun si Walhi ini ada terus, cerita di dalamnya cukup seru. Beberapa yang keinget:


  • Mulai dari jaman berkantor di Bengawan. Lokasi yang cukup strategis dan kayanya sewa kantor di situ cukup mahal. YPBB dulu sering pisan nebeng kerja, rapat, nitip barang dan juga pakai tempatnya untuk pertemuan-pertemuan.
  • Kemudian masa berganti dan staf yang tersisa cuma 2 orang (dua orang staf yang duduk saling berhadapan dan sama-sama menatap layar komputer). Sayang gada fotonya euy. Saat itu, YPBB juga masih nebeng ke Walhi untuk pertemuan-pertemuan. Bahkan punya acara bareng nonton: Markinon. 
  • Dan Walhi masih berlanjut pada masa sekarang (mulai era 2011)


Komen-komen di atas, bagian asik-asik serunya aja. Kalau mau baca versi seriusnya silakan lihat langsung di blognya Walhi.


Mulai tahun 2006 sempat muncul Jaringan Lingkar Hijau.
Nih beberapa gegedugna :)



Cerita tentang aktivitas-aktivitasnya dulu sih ada di http://lingkarhijau.ning.com/. Tapi udah digusur.
Singkatnya tentang Lingkar Hijau adalah kumpulan dari organisasi/komunitas/individu yang peduli kepada isu lingkungan, yang kemudian memanfaatkan momentum hari bumi untuk berkampanye. Lingkar Hijau inipun menjadi sarana (minimal) saling mengenal satu sama lain (ada juga yang berjodoh dari LH), aktivitas kampanye komunitas A ngapain, komunitas B ngapain dan sesudah beres peringatan hari bumi, ya bebas kalau mau kegiatan bareng lagi dll.

Masa kejayaan Lingkar Hijau "berlalu" ditandai absennya Lingkar Hijau tahun 2010 dalam pengorganisiran peringatan Hari Bumi di Bandung. (kalau bilang "bubar", bisi dicabok sama para pendiri heheheh. Baca cerita Agung tentang vakumnya si LH ).

Terkadang para "ex" Lingkar Hijau masih suka bikin event kecil-kecil untuk menjaga silaturahmi. Entah kenapa judul acaranya selalu ada kaitannya dengan binatang.

buka pusa 2010

buka puasa 2012

Dan terakhir, saya juga bareng Ery (salah satu gegedugnya Lingkar Hijau) bikin acara diskusi. Masih ada nama binatangnya juga. Eta ku keukeuh :)



Begitulah cerita bagian pertama dari perforuman dan perjaringanan lingkungan di Bandung.
Setelah Lingkar Hijau meredup, forum dan jaringan mana lagi yang muncul? Simak lanjutannya pada tulisan bagian 2!

No comments:

Post a comment