Saturday, 12 January 2013

Hari ke 11: Everyday is Wiken

Selama ini udah pernah denger (eh, maksudnya baca) nama Wiken Tanpa Ke Mall. Tapi kampanye persisnya belum pernah cari tau. Semangat yang saya bayangkan ketika baca nama tersebut adalah semangat ketidakbergantungan akan gaya hidup mainstream nge-mall.

Seperti yang kita tahu, biasanya ke mall identik dengan: banyak uang yang dihabiskan, interaksinya dengan alam kurang (karena semua mall kan di dalam ruangan - walopun ada yang coba mengkombinasikannya dengan taman dkk, tapi teteup weh tempat yang dominannya di ruangan), banyak orang di satu tempat, tapi satu sama lain tidak saling terhubung dll.

Nah, beberapa hari yang lalu tanpa sengaja saya ngintip video liputan aktivitas grup Wiken Tanpa Ke Mall di youtube..



Jadi tau deh gambaran umum tentang gerakan Wiken Tanpa Ke Mall :) 
Salah satu idenya adalah dateng ke suatu kampung dan kemudian secara sukarela menyediakan aktivtas foto keluarga. Si orang kampungnya dikasi pengumuman akan ada sesi pemotretan. Nanti hasil fotonya akan dikirimkan kembali.

Padahal mungkin sebagian dari kita bilang begini, "Apa istimewanya sih difoto keluarga?" Tapi itu jadi pengalaman berkesan untuk orang kampung dan juga menjadi pengalaman seru untuk si orang kotanya. Selain orang-orang kota yang volunteeran mengorganisir proses foto-foto, jadi panitia, jadi fotografer, terjadi pula jadi ada proses interaksi dengan orang kampung, proses bekerja di dalam tim, mengenal tempat yang sangat berbeda dengan tempat aktivitas sehari-hari dll. 

Seru! 
Saya melihat ini (kalau dibanding nge-mall) sebagai aktivitas memanusiakan kembali manusia. 

Salah satu komentar di dalam video ini bilang: 
"Yang menarik, pikiran ini dipelopori oleh kelas menengah sendiri yang selama ini dituduh menjadi korban paling agresif dari kebudayaan dan industri kapitalis kontemporer saat ini"

Kesadaran akan adanya "kesalahan" budaya nge-mall itulah kunci dari adanya gerakan ini.

Taglinenya: "di dalam wiken yang sehat terdapat weekday yang kuat." Tapi kalau kata saya sih (ini mikir bebas), akan lebih seru lagi kalau tagline tersebut lama-lama bisa berubah menjadi "everyday is wiken"

Okeh, apa ide cerdasmu untuk aktivitas wiken ini? 


*salah satu proyek mereka yang bisa didukung ada di sini. Akun twitternya: @wikentanpamall

No comments:

Post a comment