Sunday, 6 January 2013

Hari ke-5: Yuk Membuat "Kolase" Reuse dalam Hidup Kita!


Reduce, Reuse dan Recycle. Itu slogan indah yang sering kita dengar untuk kampanye lingkungan.Dan tiba-tiba saya inget sama lagu 3R keren yang sampai dibikin dalam berbagai versi. Kita intip dulu lagu-nya Jack Johnson ini yuk!

Dalam pelaksanaannya, apakah slogan ini juga indah untuk dilakukan?
Kali saya bahas bagian kecil saja dulu ya, terkait REUSE pakaian.

Coba perhatikan baik-baik gambar di bawah ini.


Orang yang di dalam foto tersebut memang hanya satu orang. Dia adalah David Sutasurya, salah satu aktivis lingkungan kondang di kota Bandung. Kalau penasaran pengen intip-intip, bisa juga tengok profilnya yang ditulis oleh bunda Maria Hardayanto (yang ini aktivis kondang juga di Bandung dan Kompasiana) di sini.

Sekarang perhatikan lagi baik-baik setiap baju yang digunakan David pada kolase foto di atas.
Nah kan, teman-teman bisa lihat kalau ternyata ada beberapa baju sama yang dipakai David pada kolase tersebut. Padahal foto tersebut dikorehan (dikorehan = dicari-cari) dari kumpulan foto tahun 2007an-2012.
Dari yang saya kenal selama ini (kurang lebih sekitar 7 tahun), David selalu menggunakan baju-bajunya sampai titik darah penghabisan.

Simak deh deskripsi menarik yang dibuat oleh Bunda berikut ini tentang David:
Direktur yang saya temui bertubuh tinggi, tampan, sama sekali tidak buncit, berpakaian bersih tapi sangat sederhana bahkan sudah tua hingga nampak lubang lubang kecil diatas pundaknya, berponsel kuno dan duduk lesehan, menuangkan isi pikirannya ke laptop yang terkadang harus digoyang-goyang ketika layarnya tiba tiba mati karena dia membeli laptop tersebut second-hand alias bekas pakai.

Kata-kata "hingga nampak lubang lubang kecil diatas pundaknya" itu memang benar-benar kenyataan!

Sumber baju tersebut pun, kebanyakan barang lungsuran dari saudara-saudaranya. Budaya lungsur-melungsur ini sebenarnya budaya yang umum kita terapkan. Tapi entah kenapa sekarang semangat tersebut mulai luntur. Prinsip reuse (gunakan kembali suatu barang) benar-benar David terapkan dalam keseharian. Pakai selama mungkin suatu barang demi untuk menghemat penggunaan barang baru, demikianlah prinsip yang dianutnya. Prinsip ini bukan hanya dia terapkan pada penggunaan baju saja, tapi juga pada barang-barang lainnya.

David adalah salah satu bukti nyata Reuse yang Bukan Sekedar Slogan. 

Pagi ini saya iseng narsis juga membuat kolase foto diri. Foto-foto ini diambil secara acak di rentang 2-3 belakangan pada berbagai kegiatan yang diikuti (1 foto mewakili 1 kegiatan). Dan pemilihan fotopun tanpa maksud memilih-milih yang lagi pakai baju/kerudung yang sama. Yang diambil adalah foto yang kelihatan jelas bajunya dan tidak perlu proses crop yang tidak terlalu banyak.

Yeah! Ternyata banyak baju yang sama. Baju hijau bahkan sampai ledeh/bladus + bagian tangannya sudah  meletek-meletek!

Moga saya pun bisa sekonsisten David dalam menerapkan prinsip reuse ini dalam keseharian. Kalau bisa sih lebih konsisten hahaha. Yuk membuat "kolase-kolase" Reuse dalam hidup kita!

*ucapan terimakasih khusus ditujukan kepada para fotografer (relawan-relawan hebat dan staf keren YPBB). Tanpa kerajinan kalian memotret event, 2 kolase foto ini tidak akan terwujud :)

No comments:

Post a comment