Sunday, 13 January 2013

Hari ke13: Kangen #AlamiBumi !

Apa peranan alam buatmu?
Itu salah satu pertanyaan yang biasa diajukan di pelatihan keberlanjutan YPBB. 

Dan jawaban yang sering muncul (dari para peserta yang kebanyakan orang kota) adalah : untuk berlibur dan untuk dinikmati keindahannya. 

Siapa yang tidak senang kalau disuguhi pemandangan seperti ini? 

gambar dari sini

Jadi secara naluriah, sebenarnya manusia mengukai keindahan, termasuk keindahan alam. Dan sebenarnya menyukai alam juga. 

Kali ini saya mau cerita sedikit tentang salah satu kebiasaan di masa kecil yang berhubungan dengan pemandangan. Begini ceritanya: 

Ketika SD saya punya teman pulang bareng. Namanya Yulia. Setelah dipikir-pikir, dia adalah salah satu temen yang mewarnai masa kecil saya. Teman eksplor macem-macem hal. Salah satunya terkait pemandangan. 

Sepulang dari sekolah, di area alun-alun kami punya 2 pilihan: apakah mau nyebrang pakai jembatan penyebrangan atau tidak. Dan dalam beberapa kesempatan, kami memilih untuk naik ke jembatan penyebrangan. Kadang suka malas sih karena lebih cape dan juga suka ada pengemis. Tapi ada hal ajaib di atas jembatan penyebrangan itu!

Ada pemandangan gunung-gunung yang indah (indah menurut versi anak SD tentunya). Dan kita suka sejenak berhenti untuk menikmati keindahan tersebut. Rasanya asyik dan seru! Kalau gak naik jembatan penyebrangan, tentunya kita tidak akan bisa melihatnya karena terhalang bangunan-bangunan.

Sekarang saya bekerja di lembaga yang bergerak di bidang kampanye lingkungan. Mungkinkah (secara tidak sadar) kesukaan akan keindahan alam di masa kecil ini yang menjadi salah satu penyebab saya memilih jalur tersebut? 

Hayu ah menikmati pemandangan dan meng- #AlamiBumi !

*kangen sama kegiatan #AlamiBumi YPBB! , intip foto-foto kegiatan serunya di sana dan di sini


No comments:

Post a comment