Monday, 7 January 2013

Hari ke-7: (Bukan) Ide yang Mengapung, Mengalir dan Akhirnya Tenggelam

Salah satu hambatan tantangan dalam menulis adalah (ini kata orang-orang loh!) saat mencari ide tentang apa yang akan ditulis.

Sampai hari ke 7 ini sih, selalu saja ada ide-ide yang berseliweran di kepala. Dan ide tersebut kadang dibiarkan berlari-lari dulu di pikiran supaya berkembang jadi cerita yang seru.

Jadi pas nulis (tapi gak selalu sih), seperti tinggal merekonstruksi apa yang sudah dipikirkan sebelumnya. Tapi kadang juga, yang dipikir di awal beda hasil akhirnya dengan yang ditulis. Malah ada ide-ide baru dan suka lebih cerdas. Untung aja ada media tulisan, selain lisan dan juga pikiran.

Aktivitas saya pagi ini adalah ngangkot menuju kantor. Kali ini saya mencoba mengambil jalur angkot yang berbeda. Variasi sih tujuannya. Dan juga akhirnya saya asyik mengumpulkan ide-ide untuk bahan tulisan yang ternyata bertebaran dan sedang harap-harap cemas untuk diambil oleh si pengingat ide.

Jadi sambil bengong dan memperhatikan jalan+penumpang lainnya, saya terpikir beberapa hal yang sepertinya bisa jadi ide awal tulisan. Ini masih dalam rangka #30hariBercerita tentunya. Dan juga disponsori oleh akan adanya kesibukan selama seminggu penuh di pertengahan bulan Januari. Kesibukan tersebut mungkin akan bikin saya rada susah bikin tulisan. Jadi mau gak mau, kalau memang masih ingin memenuhi tantangan menulis tersebut, saya perlu nabung ide (kalau bisa sampai tahap draft) untuk minggu heboh tersebut.

Dan. Taraaaaaaa....
Ternyata terkumpullah 11 ide yang bisa jadi titik-titik ide yang bisa dikembangkan menjadi aneka tulisan.
Jangan-jangan selama ini cukup banyak hal yang bisa ditulis. Tapi karena gak dilist, akhirnya banyak ide yang mengapung, mengalir dan akhirnya tenggelam.

gambar dari sini


Jadi, masihkah ada (celah) alasan untuk bilang bahwa ide untuk nulis itu susah didapat?

*Beginilah rasanya jadi orang yang sensoris: perlu mengalami dulu secara nyata sebelum yakin dengan teori. Ide untuk menulis itu banyak, asal kita bisa menangkapnya dan juga mencatatnya. 



No comments:

Post a comment