Monday, 18 January 2016

Hari 17: Pecel dan Makanan Sehat

Salah satu yang saya pelajari dari adegan masak-memasak belakangan ini adalah, ada bahan-bahan tertentu yang bisa distok di kulkas kita sehingga tetap bisa makan enak dan sehat walau waktu mepet.

Bumbu pecel! Itu salah satu stok penting yang bisa dibuat kala waktu yang tersedia rada banyak. Beli juga bisa sih, tapi rasanya lebih mantep kalau bikin sendiri. Dan lebih banyak hehehehe. Jadi bisa bebas siram-siram bumbu ke sayuran. Bahannya sederhana aja: kacang goreng, cabe merah, gula merah, bawang putih, garam dan bumbunya yang khas adalah daun jeruk dan kencur. Tinggal sangrai bawang putih, kencur, daun jeruk yang udah diiris tipis dan cabe. Lalu hancurkan (bisa pakai blender ataupun chopper) bumbu + gula + kacang. 




Aneka sayur direbus-rebus dulu dan bisa dipilih tergantung dari sayur kesukaan. Akan lebih baik dipilih dari sayur yang saat itu sedang melimpah di pasar, warung ataupun di mang sayur. 

Saat dari kebon (soreang) melimpah selada aneka jenis, saya sempat berhari-hari sarapan pecel selada. Anggep weh itu salad. Enak dan praktis. Tinggal buka kulkas, cuci dan potong-potong selada, ambil bumbu pecel secukupnya, cairkan dan siram ke atas potongan selada. Nyam-nyam.

Mari perbanyak makan sayurrrrr!


No comments:

Post a comment