Thursday, 28 January 2016

Hari 27: Beda atau Sama?

Mengapa di dunia ini ada perbedaan? Kalau sama semuanya gak rame lah. Gaya becandaan akan sama, ide-ide akan seragam, gaya pake baju bakal sama, bentuk rumah akan sama, gakan ada konflik-konflik yang berfungsi untuk mendewasakan, makanan gakan ada variasi baik jenis maupun bentuk. Zzzz. Males kan?

Tapi sebesar apakah perbedaan bisa ditoleransi? Kalau ada cukup banyak perpotongan kesamaan diantara perbedaan yang ada, mungkin antar orang itu bisa barengan secara intensif. Bahkan ada yang terpisah jarak dan waktu tapi punya banyak  persamaan ya bisa nyambung oge. Ada yang jelas-jelas beda, gada persamaan, mereka secara alamiah gak ada dalam satu lingkar.




Tapi sebenernya, kalau mau ngobrol lebih dalem, sedikit-sedikit akan mulai ditemukan beberapa kesamaan. Da hidup mah gini-gini aja atuh. Semua manusia pengen bahagia. Gada yang gasuka bahagia kan?

Jadi kuncinya adalah kepandaian kita untuk mencari kesamaan-kesamaan yang ada. Meng-ignore orang-orang yang sekiranya lebih banyak nyusahin. Sisanya adalah perbanyak ngobrol seru untuk mengetahui kesamaan dan keasyikan yang ada.


No comments:

Post a comment