Friday 20 May 2016

Kerupuk Tanpa Sampah?

Mau pamer dulu menu sarapan tadi pagi ah! Ada sesuatu yang berbeda. Coba amati, apakah yang berbeda itu? 




Pastinya ini masakan sendiri dan dibumbui sendiri. Bukan mie instan #tolakMieInstan. Mienya tentunya saya masih berlangganan mie homemade yang sehat dari @dapursikecil (tentang mie sehat tsb, lihat di sini). Kali ini saya masak mie yang rasa cengek. Enaaakkk. 

Tapi urusan mie-mie-an dan juga masak bumbu sendiri, sebenarnya takada yang aneh. Karena saya belakangan ini emang berupaya disiplin masak sendiri. Isunya sih biar lebih sehat, jelas tanpa penyedap yang aneh-aneh dan juga demi menghemat uang. Urusan hemat uang ini, saya ga itung bener sih. Mungkin bisa lebih murah, tapi waktu yang dipakai ya lumayan oge. 

Yang berbeda dari menu sarapan saya adalah: kerupuknya! Kerupuknya sih biasa aja. Kurupuk aci. Pastinya masih dikasi penyedap sejenis pecin (makanya gurih hahahah). Tapi minimal saya berhasil mencegah sampah plastik pembungkusnya. 

Jadi, pas beli kurupuk, saya bawa wadah. 



Hal ini baru akhirnya saya lakukan setelah beberapa kesempatan sebelumnya: beli krupuk yang berkemasan plastik bening. Alasannya macem-macem. Pokonya manusia mah paling jago lah cari alesan teh. Seperti: 
1) Tiap ada tukang krupuk yang pake blek kaya di gambar berikut

Foto: http://bit.ly/1rYCJRw

Saya pasti lagi keburu-buru mau pergi. Jadi ga sempat lah balik lagi ke kosan dan ambil wadah krupuk. Selalu gitu. 

2) Pas lagi buru-buru itu, saya sempatkan nanya ke mamang tukang kerupuk terkait jadwal mereka mangkal. Maksudnya, supaya kapan-kapan bisa beli sesuai jadwal mereka. Terus jawaban mereka tuh gakan jauh dari: "gak tentu" "sekitar jam sekian-sekian" dkk. Kesimpulannya: gak pasti jamnya dan belum tentu tiap hari lewat. Hesye pan kalo kaya begitu. 

3) Ada mamang kerupuk dan juga saya lagi gak buru-buru. Udah semangat ambil wadah kerupuk dari kosan, taunya si mamang udah membungkus seluruh kerupuknya. Gagal lagi tah!

Udah, tiga aja lah ya list alasannya. Pokoknya semua berujung: YAUDAH DEH BELI KRUPUK BERPLASTIK. 

Begitulah balada untuk mencoba mengurangi sampah plastik dari kemasan kerupuk. Saat akhirnya saya bisa beli kerupuk pakai wadah di atas, tampaknya memang sudah berjodoh aja. Waktu dan tempatnya tepat. Walapun si mamangnya teh bilang bahwa: lebih baik beli aja yang berkemasan plastik seperti ini

Foto: http://bit.ly/1Tjksue

Karena bakal lebih awet. Si mamang meureun ga kepikiran lah isu reduce dll. Sambil si mamang ngeladangin, ya saya sambil bilang aja bahwa tujuan saya membeli pakai wadah tuh karena memang ingin mengurangi sampah plastik dari awal. Entahlah si mamang paham atau engga dengan apa yang saya katakan. Pokonya mah meureun: pembeli adalah raja titik. Kalo berisik pengen diladenin pake wadah, selagi bisa, ya dia akan layani. 

Saya jadi keinget kebiasaan yang dulu terjadi di rumah Cimahi. Ada masa dimana, kita punya 1 blek kerupuk yang seperti ini (lupa rentang tahunnya)

Foto: http://bit.ly/1sFuPwV

Dan mamang kerupuknya ngelanggan. Biasanya dia hanya libur saat jelang lebaran karena pulang kampung. Dan kalau pulang mudik, suka kasi oleh-oleh kolang-kaling dari lemburnya. Bentuk blek krupuknya dipikul. 

Kurang lebih seperti ini. Foto: http://bit.ly/1qytRk3

Jadi, kebiasaan mencegah sampah dari awal terkait urusan kerupuk, sebenarnya sudah terjadi dari jaman dulu. 

Ada satu cara lain lagi sih! Belilah kerupuk di warung yang masih menjualnya pakai blek kerupuk!
Kita tinggal bawa wadah kerupuk. Bahkan bisa beli hanya 1-2 buah sesuai kebutuhan. Dan saya baru ingat bahwa depan kosan ada warteg yang masih menjual kerupuk menggunakan blek. Kapan-kapan coba ah!

Begitulah sekilas cerita saya dalam upaya mencegah sampah plastik dari kemasan kerupuk. Mana cerita #reduce mu?  

1 comment:

  1. Di bojongkoneng jelas gak ada mamang kerupuk tipe begini teh. Tapi jadi keidean buat bawa wadah kerupuk kalo main ke rumah mamah di cibaduyut :D

    ReplyDelete