Tuesday, 4 April 2017

Gundah? Respeklah terhadap Apa yang Dimiliki

Pernahkah kamu merasa, “Kenapa hidup ini begitu mengesalkan?” Perasaannya negative mulu dan rasanya segala kurang?

Misalnya kepikir: kenapa kok idup gini-gini aja? Kenapa uang kurang mulu? Kenapa kerjaan memusingkan? Kenapa banyak masalah yang belum terpecahkan? Kenapa kenapa dan kenapa…

Belum lagi kalau kepikir pengen punya segala macem. Wuih, rasanya kalau didaftar, banyak banget daftar keinginan. Pengen punya rumah yang begini begitu, pengen punya kendaraan pribadi yang begini begitu, pengen ikutan kegiatan ini itu, pengen punya perabot rumah tangga yang begini begitu, pengen liburan ke sana sini…..terussss aja gakan ada batasnya keinginan manusia mah.

Kalau hal-hal tersebut sedang melanda dan ujungnya bikin gundah, bete, galau, rudet stres dan sebangsa, ya gak apa-apa. Biasa aja dan mendingan dimuntahkan dulu kekesalannya. Manusia kan cenah emang salah satu sifatnya adalah senang berkeluh kesah. Muntahkan kepada orang yang dipercaya atau bisa juga dimuntahkan lewat media lain seperti tulisan atau karya seni. Tujuannya sih supaya hati rada ngemplong dulu.

Apakah cukup sampai di situ?

Langkah lain yang kemudian bisa membuat hati lebih terasa damai adalah dengan respek terhadap apapun yang kita punya. Kita merasa hidup kita malang sehingga jadi stress?

Mari kita lihat, apakah sampai hari ini kita masih bisa makan cukup? Cukup itu gak selalu harus makan daging dan segala makanan yang enak-enak dan mewah-mewah loh. Sesekali makanan mewah itu tak apa, tapi kalau keseringan justru jadi sumber penyakit loh. Saya sendiri akhirnya sempat lewat dikit dari batas atas aman untuk kolesterol. Gara-gara kebanyakan makan enak. Makan tahu tempe dan sayur itu justru hebat! Apalagi kalau pinter masaknya. Semalas-malasnya masak dan sehemat-hematnya uang untuk makan, bisa berupa lalaban atau pecel. Salad juga boleh lah, tapi kalau ujungnya sausnya mengandung banyak telur, angger potensial kolesterol hehehe. 

Cara pandang yang berubah, membuat kita bisa menyikapi makanan yang dimakan dengan tepat dan justru bisa menyukurinya. Buah juga tinggal dipilih aja yang sedang musim. Biasanya melimpah tersedia di pasar tradisional, mobil bak maupun di supermarket. Melimpah dan murah. Tomat aja kemarin sempat sekilo kurang dari 5000. Yang penting bisa nambah asupan buah.

Nah, kalau memang masih bisa makan cukup, mau ngapain lagi coba hidup kita?? Punya masalah dikit-dikit mah wajar saja lah. Namanya juga hidup.

Sampai hari ini, masih cukup waktu tidur kita? Kalau sehari minimal masih bisa tidur lebih dari 5 jam artinya masih cukup hak tubuh untuk istirahat. Dan itu yang akan membuat badan kita tak mudah sakit (selain makan makanan yang sehat). Selain jumlah jam tidur, factor merasa tenang karena tak kedinginan dan takut kebocoran dan tak takut digusur membuat kualitas hidup kita lebih meningkat lagi. Mari kita hargai nikmat waktu istirahat tersebut.

Teman. Semua orang punya teman kan ya? Hangatnya persahabatan adalah harta berharga juga yang dimiliki secara nyata. Bisa ketemuan dan ngobrol panjang tentunya mewah banget. Tapi bila tak sempat berjumpa di darat, kadang mendenger kisah seru dari teman-teman di grup wasap dan bahkan bisa saling ledek lalu ketawa bareng juga rasanya hangat dan menyenangkan. Teman juga yang seringkali saling mendukung saat kegalauan melanda. Tak selalu memecahkan masalah, tapi saling cerita dan mendenger pun sudah menjadi kekuatan besar.

Merasa bahagia karena melakukan hal yang bermanfaat bagi orang lain! Itu juga "harta" berharga yang kita miliki. Saat dilakukan, justru biasanya akan menyita waktu dan uang yang dimiliki, tapi entah mengapa hal tersebut begitu membahagiakan. 


Apalagi hayoh,,,kalau diinget-inget sih, banyak hal yang bisa membuat kita respek terhadap apa yang kita sudah miliki saat ini. Yang saya tulis di atas hanyalah sebagian kecil saja dari banyaknya “harta” yang dimiliki saat ini. Kalau “harta” tersebut kita coba ingat-inget kembali, biasanya akan membuat bibir yang manyun dan kening berkerut berangsur bisa tersenyum kembali. SMANGATS!

2 comments:

  1. Menghargai yang dimiliki dan bersyukur ya teh ๐Ÿ˜Š, biar galau terus.

    Tatat

    ReplyDelete
  2. Teman! Iya teman. Terutama grup 1minggu1cerita, teman langit yg seru dan lom pernah kopi darat, yg bikin awet muda dng komen2nya, dan surprise dng kisah2 di blog masing2...

    ReplyDelete