Sunday 1 October 2017

Alun-alun Ujungberung

Malam minggu malam yang panjang
Malam yang asik buat pacaran

Pada tau lagu itu kan?
Apakah malam minggu hanya milik anak-anak muda yang sedang dimabuk cinta aja? Ow tentu tidak!

Saya dan swami pun malam minggu kadang menyempatkan untuk keluar rumah untuk sekedar nangkring dan duduk ngobrol-ngobrol ngadem atau makan di luar. Gausah bayangkan makan di tempat mahal dan ekslusif, cuma makan mie ayam pake bakwan aja udah jadi satu variasi yang asik dan bikin genut hahah.

Terkait malem minggu, selain makan dan ngobrol, kadang kita juga nengok alun-alun Ujungberung (Uber). Ke alun-alun Uber ini bisa pisan jalan kaki dari rumah. Kadang ada acara yang digelar di tempat tersebut. Kelasnya bukan hanya kegiatan kecamatan, bahkan tingkat kota dan juga kementrian. Mungkin tempat tersebut diset sebagai pusat kegiatan selain tempat-tempat terkenal di "area kota".

Cerita sedikit dulu ya. Saya kan asalnya tinggal di Cimahi dan beraktifitas di bandung. Hampir tiap hari selama 8 tahun saya PP Bandung Cimahi PAKAI ANGKOT. Udah kenyang deh sama aneka dongeng kehidupan berangkot. Ilang hape pernah, ilang dompet juga pernah. Ngeliat drama muntah di angkot dan jual burung padahal penipuan juga pernah. Ada mamang angkot yang bogoh juga ada kwkwkwk. Sampai si mamang ngeliatin KTP untuk membuktikan dirinya singel. Ahahah, jaman manaaa eta. Sampai sesudah peristiwa tersebut, saya selalu liat dulu mamang angkot kalau megat. Bisi mamang nu eta deui. Syare di angkot pun udah biasa. Kebablasan juga sering hahaha. Apakah kondisi itu ideal? Gak juga sih. Cape, kolot di jalan dan abis ongkos sebenernya. Tapi belum punya keberanian untuk ngekos. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut.

Singkat cerita, akhirnya saya kos di Cikutra. Ini rasanya surga banget. Mau ke kantor tinggal 1 kali naek angkot. Deket pisan. Mau maen kemana-mana  juga gampil. Tinggal golosorrrr ke berbagai tempat seru. Dan tibalah saat saya menikah dan pindah ke Uber. Jreng jreng, drama dimulai!

Badan udah lama ga biasa di jalan lama. Ditambah lagi dalam masa penyesuaikan diri dengan pola hidup baru. Pola hidup yang banyak cucian baju dan piring wkkwkwkw. Sempet rada sakit di awal karena salah satu penyebabnya adalah cape di jalan ngerasa: ko Uber jauh amet ya. Padahal dari kantor cuma satu lurusan doang. Dan rasanya mending ke Cimahi sekalian. Mau lama juga puguh, emang ke luar kota. Rasanya lamaaa ga sampe-sampe rumah.

Nah tapi itu sih dongeng akhir tahun 2016 kemarin. Di hari ini sih, lama-lama biasa dengan adanya keterbatasan karena bertempat tinggal jauh dari tempat aktivitas. Dan tentunya pola hidup saya juga berubah. Bukan karena rumah jauh aja, tapi emang udah magrib mah pulang weh. Gada lagi acara nongkrong malam kaya jaman dulu. Secara saya dulu bisa ujug-ujug baru pulang jam 1 malam dst dll. Gelo ga? Awalnya sih. Tapi kemudian nya dikalemin weh~ diwolesin weh~ Biar tetap bahagia.

Makanya tetep perlu cari kebahagiaan dalam bentuk lain. Salah satunya tetep keluar malem di saat-saat tertentu seperti yang saya ceritain di atas. Sebenernya bukan malem minggu doang sih. Ya sepengennya aja.

Balik lagi ke cerita tentang alun-alun Uber. Jadi beberapa kali kita ahirnya nonton hiburan di area tersebut. Bukan hanya nonton yang pada pacaran atau bawa maen anak di area bermain. Tema yang digelar cukup bervariasi. Mulai dari acara budaya seperti benjang, jaipongan, musik ska, wayang golek dan terakhir tadi malem banget adalah nonton G30SPKI bareng bapak-bapak pulisi dan ABRI. Variatif kan? Cukup sering juga melintas tapi gak mampir. Adaaa aja acara di alun-alun Uber.

Yang nonton bervariasi jumlahnya. Tergantung acaranya. Yang cukup banyak penontonnnya wayang golek. Karena yang dalangnya grup Giri Harga. Kata suami itu cukup terkenal. Ada deh kayanya sampai seribu orang. Acaranya sampai jam stengah empat pagi. Emang si saya kuat sampai jam segitu? ENGGAK hahaha. Saya jam stengah 10 udah menyerah. Pulang duluan. Antara ngantok dan ga paham juga serunya nonton wayang golek. Suami mah beneran baru pulang pagi nonton sampai tamat.

Yang saya amati, warga sekitar tuh kayanya butuh hiburan aja di luar rumah selain nonkrongin TV atau sarana hiburan di rumah masing-masing. Jadi kalo ada acara, barijilll dan langsung pada berkumpul deket panggung. Oiya, acara yang saya ikuti itu kebetulan gratisan semua.

Sampai acara nonton film, yang kalo menurut saya kurang menarik, sejenis G30SPKI aja, ada loh peminatnya. Padahal kalau generasi yang rada seniorrr (alias tua) tentunya udah pada sering nonton jaman diputer di TV setiap tahunnya. Yatapi mungkin pada pengen ngerasain sensasi ngadem di luar aja. Kalau bukan karena hujan, kayanya pada bertahan sampai akhir deh. Cuma karena sempat gerimis, langsung bubar perlahan.

Dan satu ide yang saya lihat, rupanya nyusupin isu baru ke acara di alun-alun ini bisa juga. Dan kayanya cukup mengedukasi. Entah senempel apa, tapi paling tidak cara ini coba dipakai sama kementrian meninfo untuk isu hoax. Dengan iming-iming doorprize yang wow sejenis TV dan HP ditambah acara talkshownya diselipkan di awal kegiatan sebelum nonton wayang golek, mudah-mudahan isu mencegah penyebaran berita hoax ini mulai dipahami oleh masyarakat yang nonton.


Wayang golek di alun-alun Ujung Berung


Jadi emang kadang rudet sih bertempat tinggal di area Bandung Timur. Titik kemacetannnya cukup banyak. Juga mamang ojek online kadang ga berani angkut dan jemput warga Bandung Timur. Katanya daerah merah. Tapi mudah-mudahan hadirnya acara-acara di alun-alun Ujung Berung dapat  meringankan rasa rudet hati kami :)


2 comments: