Monday, 25 February 2019

Orange dan Semangat Baru #1minggu1cerita

Si oranye yang unyel-unyel ini terlahir dari tangan kaka Evva. Imut-imut gemesin!

Maskot 1m1c: Mingce

Beberapa perubahan di 1m1c belakangan ini terlahir dari 2 admin baru yang sedang semangat mempercepat perkembangan komunitas menulis ini. Evva yang bagian menggambar (dan juga bikin artikel di web secara rutin), para admin lain yang bagian memilih maskot yang sesuai. Pembuatan maskot bermula dari pembuatan logo baru, si orenye abu gemes ini.

Logo 1m1c

Warna oranye ini dirasa cocok pisan untuk mewakili semangat baru dalam pengelolaan komunitas 1m1c. Yang pernah kelola komunitas tentu pernah merasakan gelombang naik turunnya semangat menjalaninya kan? Sama halnya dengan mengelola 1m1c. Saya sebagai salah satu admin yang awalnya memiliki semangat untuk "yang penting bisa memfasilitasi diri sendiri biar getol nulis dan syukur-syukur bermanfaat untuk orang lain" kadang semangat-pakai-banget, dan kadang hoream-pakai-pisan dalam mengelola 1m1c.

Mengelola komunitas bersama dengan beberapa admin lain, tentunya menyimpan beberapa kisah mengesankan. Mulai dari keseruan, kebanggaan, kesedihan dan kebaperan bisa dirasakan dalam peranan tersebut.  Bekerja sama dengan beberapa admin yang bahkan beberapa belum pernah kenal dan bertemu di darat, bekerja dalam tim yang berbeda umur, latar belakang, tingkat aktivitas dan kesibukannya dan dilakukan secara relawanan tentunya menambah tingkat tantangan yang dihadapi.

Begitu pula dengan hilir mudiknya pada admin silih berganti. Itu juga memberikan banyak pembelajaran buat saya sendiri dalam membangun komunitas ini. Salah satu pembelajaran berharganya adalah bagaimana memupuk keberanian saya untuk membiarkan komunitas berkembang berdasarkan keinginan, minat dan waktu yang tersedia dari para admin yang sedang berada pada masa pengadminannya. Hal ini bukan hal yang mudah bagi saya yang terkadang cenderung ingin ngatur-ngatur orang wkwkkw. Tapi melihat perkembangannya, ini seruserusedap pisan. Dan biarkanlah berkembang secara alamiah.

Setelah Evva yang demen bikin berbagai variasi stiker dari si Mingce, kali ini pun 1m1c memiliki Reisha yang punya hobi (dan ambisi tampaknya kwkwk) untuk membuat web 1m1c makin canggih dari hari ke hari. Tujuannya tentunya untuk membuat para member 1m1c merasa lebih nyaman, betah di 1m1c dan makin getol nulis. Nuansa webnya pun segarrrr bernuansa oranye.

Secara umum proses ini bolehlah disebut sebagai proses rebranding supaya admin dan member makin semangat berkomunitas di 1m1c.

Untuk memperbesar pengaruh 1m1c, ada 2 admin baru yang masuk untuk mengelola medsos yaitu Via dan Ikhwan yang mengelola urusan fundrising. Mengapa perlu fundrising? Web 1minggu1cerita.id perlu dibayar iurannya setahun sekali dan mayarna kedah ku artos.

Tentunya juga masih ada 2 admin lama yang lagi salto dan bergelut dengan kehidupannya masing-masing namun masih setia mengawal 1m1c supaya makin menyebar manfaaatnya yaitu Darma dan Ajeng.

Lengkapnya tentang para admin 1m1c pada periode ini bisa diintip di sini.

Yang pasti, 1m1c masih eksis sampai tahun ke 5 (ga kerasaaaa), tak akan terjadi tanpa admin di periode sekarang dan periode-periode sebelumnya. Yang sudah dengan setulus hati mengawal perkembangan 1m1c di setiap periodenya. Apalah 1m1c tanpa kita semuaaa~






4 comments:

  1. Lebih seger-seger adminnya sekarang. Tampilan web juga semakin lengkap fiturnya. makin cantiik pula. Si emak ini pun makin bahagia bergabung dengan 1m1c . thanks all admins

    ReplyDelete
  2. mantappp... aku baru gabung dengan 1M1C... menarik dan convenient banget webnya mbak.. thanks for the effort :)

    ReplyDelete