Tuesday 17 May 2022

Hobi Ngobrol

Temen-temen ngalamin ga nulis-nulis di diary temen jaman SD? Yang ditulis seputar cerita singkat tentang diri kita. Salah satunya pasti nulis hobi dan cita-cita. Sejujurnya saya gatau hobi saya apa. Suka baca sih. Tapi apakah "suka" itu berarti hobi? Tapi yaudah aja ditulis begitu. Biar ada data standar yang bisa diberikan di beberapa buku diary temen. 

Jadi apa sebetulnya hobi saya? Dari perjalanan hidup selama ini sih, kayanya salah satunya adalah NGOBROL. Tahan diajak ngobrol lama-lama, sepanjang obrolannya seru tentu saja. Etapi pernah juga sih obrolannya kurang seru, dan asalnya obrolan diikuti banyak orang, tapi lalu satu-persatu mundur, cuma saya yang bertahan. Bertahan dan sambil memikirkan strategi untuk mengakhiri obrolan tersebut. Agak jahat sih, tapi kayanya jahatan temen-temen saya yang mundur teratur, meninggalkan saya yang tetep berupaya pasang muka kalem padahal lagi bingung wkwk. 

Keterampilan ngobrol ini penting sih. Walopun keliatannya gitu doang. 
Tempo hari saya ngobrol sama temen yang katanya pas dia nikahan, bingung mau ngobrol apa sama tamu-tamunya. Nikahannya diset di cafe, tamunya relatif sedikit dan membuat suasananya lebih informal sehingga memungkinkan terjadinya adegan-adegan ngobrol. 

Lalu saya mengingat, dulu juga nikahan informal. Malah kaya pesta ulang tahun. Ngampar pakai karpet dan ga pake pelaminan, jam undangan juga cukup panjang dari pagi sampai sore. Tamunya relatif sedikit dan datang tidak pada saat yang sama. Kondisi ini membuat potensi perlu ngajak ngobrol jadi besar. Dan ya ngobrol aja gitu. Gada bingung-bingung. Rasanya kaya bikin event di tempat kerjaan, tapi skalanya dibesarin dan tema kegiatannya ajayang berbeda. Dulu kalo bikin event di tempat kerjaan, riweuhnya udah dari hari-hari sebelum untuk ngurus panitianya, ngurus calon peserta. Di hari H, tergantung perannya sih. Mau jadi pengisi acara, seksi acara, bagian operasional atau apapun, pokonya pasti riweuh dan perlu ngobrol sama banyak orang. Setelah selesai acara, bukan berarti tinggal dadah-dadah pulang, tapi menanti kegiatan evaluasi kegiatan, beres-beres dan kadangkala ada peserta yang ngerubung untuk tanya ini itu. Atau yang pengen diskusi ini itu. Jadi blok ngobrol ini tersebar di seluruh bagian dari event. Dan bikin eventnnya pun tentu saja berkali-kali. Jadi kegiatan ngobrol ini akhirnya jadi hal yang biasa dilakukan aja. Makanya ga heran kalau saya ga merasa bingung ngeladenin tamu yang walo sedikit tapi banyak juga sih di acara nikahan sendiri. 

Pertanyaannya, dari manakah keterampilan ngobrol ini diperoleh? Saya gatau persisnya. Bisa jadi karena keadaan yang "memaksa" saya untuk mengeluarkan dan melancarkan keterampilan tersebut. Tapi kayanya bukan cuma itu. Lalu nginget-nginget lagi masa kecil dan masa dididik di rumah tuh macem apa ya. 

Lalu....
AHAAAAA... rupanya budaya ngobrol panjang-panjang dan lama-lama ini udah dimulai sejak dari rumah. Saya besar di rumah kakek nenek dengan tante om yang juga pada demen ngobrol. Kalo udah ngumpul di rumah tengah atau ruang tamu, suka pada uplek aja ngobrol lama. Bisa jadi peserta aktif atau juga ya pendengar aja. Pas kebagian porsi jadi pendengar, tentu saja sedikit banyak belajar tehnik-tehnik ngobrol yang dilakukan oleh orang-orang rumah tersebut. Bahkan di meja makan pun, makannya bentar, tapi ngobrolnya yang lama. Antara demen ngobrol dan males cuci piring wkkw. Bisa jadi. Daripada cuci piring cepet-cepet, mending enak-enakan dulu ngobrol. Yang saya inget, bahkan ngobrol abis makan ini tuh bisa sampai tidur-tiduran di kursi makannya. Segitunya banget~

Kebiasaan doyan ngobrol ini kebawa-bawa juga sampai sekolah, kuliah dan kerja. Saya ga tau ya, seberapa score saya dalam prestasi ngobrol dan kapan masa keemasannya. Tapi kayanya dari waktu ke waktu skillnya meningkat terus. Yang bikin rada tersiksa adalah saat memasuki masa pendemi ini sih. Kantor berubah jadi online. Sampeee skarang masih online. Kesempatan untuk bisa ngobrol jadi relatif berkurang. Lah ketemu aja kagak, gimana mau ngobrol. Walo chatting selalu jalan, tapi beda lah rasanya. 

Gitulah sekilas lintasan tentang hobi ngobrol ini. Baru saya inget lagi sebagai salah satu skill setelah beberapa hari yang lalu ngobrol sama sepupu sampai jam 2 pagi wkkw. Dulu sering sih ngobrol sampai malam gitu. Terutama kalo ada acara nginep bareng dan jaman di kosan juga gitu. Ngobrol sampai tengah malem. Jaman nangkring-nangkring juga samaaaa. Bisa ngobrol sebelum jam maksi, pesen maksi, sampai ke pesen snack sore. Duduk dan ngobrol aja gitu wkkw. Hidup bukan banyak bekerja dan beribadah, tapi banyak ngobrol. 

Sabtu kmarin pun jadi MC kegiatan halal bi halal buat tim lapangan. Dan itu direncanakan dadakan. Alias H-1. Online pula. Di saat-saat seperti itulah kemampuan ngobrol (diharapkan) dapat membangun dinamisasi kegiatan. Mudah-mudahan beneran dinamis. Karena online nih kadang rada sulit kan nebak respon dari peserta. Kalo ga bermodal hobi ngobrol, agak sulit kayanya mengelola acara seperti itu dan menghidupkannya. 


No comments:

Post a Comment