Saturday 28 March 2020

Work from Home?

Waktu itu, saat mengamati kasus corona di Wuhan, lewat berita di TV dan juga seliweran di medsos, sama sekali saya ga membayangkan bahwa si corona ini akan sampai ke Indonesia, bahkan ke Bandung (kota tempat kontrakan dan tempat kerja), Sumedang (kota tempat rumah sabtu minggu kami) dan Cimahi (rumah keluarga). Kebayangnya teh: AH ETA MAH DI CINA WEH. 

Juga saat mulai merebak ke berbagai negara, termasuk kasus di Italia yang cukup heboh karena banyak korbannya  juga masih mikir: AH ETA MAH DI LUAR NEGRI. 

Saat sampai di Indonesia pun, yang korban pertamanya diumumkan tanggal 2 Maret 2020, kumasih berpikir bahwa: AH ETA MAH DI JAKARTA. 

Lalu tambah lama rasanya tambah heboh. Dan buat saya sih puncaknya karena di kantor sampai bikin rapat untuk mengambil langkah sebagai lembaga untuk mencegah penularan corona ini. Namun saat itu saya masih juga mikir: APA GA KEMEWAHAN MIKIRIN KAYA BEGITUAN? 

Sungguh naif tapi begitulah kondisi saya terkait kasus tersebut. Untung kantor gercep (walo ga cepet-cepet amet karena perlu ngedraft kebijakan dulu panjang-panjang), jadi sejak itu staf dihimbau untuk memaksimalkan kerja online. Yang sebenernya Work from Home (WFH) udah dari dulu didengung-dengungkan oleh kantor sejak jaman dulu tapi saya sebagai genk esktrovert sanguin, tetep weh hobi ke kantor karena butuh berinteraksi dengan manusia. Dan merasa bahwa: kalo rapat online mah suka lieur dan mending ketemu langsung welah. Gitu tah pemikirannya. 

Beberapa hari setelah itu, saya masih sempat keluar rumah yang agak jauh sekitar 3 kali. Pergi ke pasar, ke Griya dan apotek gak masuk hitungan ya. Pertama ke BEC untuk service hp tapi gagal karena pokonya mending beli baru welah lieur (produsen HPnya udah tutup di Indonesia). Lalu balik lagi ke BEC untuk beli HP. Dan terakhir pergi ke Sakura untuk beli termometer. Sisanya ya ngendon aja di rumah alias ngejedog mun ceuk urang Sunda mah. Keluar rumah lainnya hanya diisi oleh aktivitas yang jaraknya ga pernah lebih dari sekilo dan bisa dicapai oleh jalan kaki dan kepentingannya sekedar belanja beli-beli bahan makanan dan kebutuhan pokok lainnya. 

JADI GIMANA NIL RASANYA DIAM DI RUMAH BERHARI_HARI? 

Rasanya cukup biasa aja. Memang ada yang hilang. Tapi segala komunikasi masih jalan sama temen-temen lewat segala saluran online.

SETRES GA?
Relatif engga karena stres cicing di dalam rumah mah sudah dirasakan saat mulai pindah ke kontrakan. Saat itu teh: mau ke kota, da hoream ku macetna. Belum lagi lebar ongkos. Belum lagi jadi punya jam malam. Asalnya? Nginep di kantor juga dijabanin demi bisa udar-ider dengan leluasa. 

Pada masa itu lumayan berat bagi seorang ekstrovert sanguin ini melakukan masa adaptasi. Pas sekarang disuruh di rumah wae, yaaaaaa so so lah. Ga terlalu berat-berat amat menjalaninya. Bosen ga? Masih aman lah sampai saat ini. Dari pengalaman yang udah-udah, saat diem di rumahnya sih kerasanya: yaudah lah ya, emang begini keadaannya, tapi pas udah ketemu orangggg dan ngobrol ke sana ke sini, rapat ini itu di darat, pulangnya kerasa: EMANG ENAQ KITU wkwk. 

Yang kerasa lagi, sebenernya rapat online itu cukup efisien. Terlepas backsound di kontrakan ini kadang ga oke semacem ada anak tetangga mewek ato stel musik keras-keras, rasanya gada perbedaan yang signifikan banget. Namanya juga ngontrak di dalem gang. Kecuali ya jadi ga bisa ktemu dan ngobrol-ngobrol nu teu penting tapi kadang bikin bahagia. Yang biasanya ngendon di meja makan kantor bisa sejam lebih  bersama genk botram wkwk. 

dadah-dadah dulu sama beberapa temen seperbotraman~


Rasanya, efisien ato engga mah bergantung kesiapan aja sih. Mau di darat atau di udara, kalo pikiran ga nyambung mah, angger weh tulalit. Karena pernah kejadian nih di darat pun, lagi rapat malah pegang-pegang HP, lalu eta teh ada beberapa bagian yang lost pas keur rapat. Ato kaya mendengar, tapi pas diskusi ga nyambung. Jadi yaaaaaaaa intinya mah fokus. Mau pake cara apapun. 

Perkara persiapan juga nih. Ada yang pas masuk ruang rapat teh, saat rapat di darat, ya belum baca bahan apa-apa, ga nyiapin apa-apa, ditambah perkara dateng kesiangan dan drama-drama lainnya. Kalau rapat online? NYA SAMA AJA. Ada yang persiapannya baik, ada yang memble. 

Belum nemu yang signifikan banget-banget, tapi ya tetep kumerasa kehilangan teman sepermainan yang kalo pertemuan di darat itu terjadi, rasanya hidup menjadi lebih lengkap. 

JADI LEBIH SUKA KERJA ONLINE ATAU OFFLINE? 

Mix aja yah. Da sebagai makhluk sosial tetep weh butuh relasi sosial dan pertemuan di dunia nyata. Idup pan isinya bukan kerja aja. Ada hal-hal lain juga yang perlu dibangun sehingga kebahagian menjadi lebih lengkap

#eaaaa

KERJA HEY KERJA, MALAH NGEBLOG!

haha, selamat meresapi dan menikmati masa-masa WFH ini :) 





 




9 comments:

  1. Kerja...kerja...kerja biar ga setres. Ngeblog From Home 💪😳

    ReplyDelete
  2. kebalikannya nih kita, aku yang cenderung introvert-melankolis lebih seneng di rumah aja. meskipun yah manusiawi kadang juga ngerasa jenuh, siasatinnya ya jalan2, nongkrong di cafe sama temen, atau sekedar nyore naik motor hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti, sekarang masamasa emas ya? Selamat menikmatiiii~

      Delete
  3. Tulisannya lucu, saya sampe lost beberapa kata karena kagak tau artinye 😂

    ReplyDelete
  4. Sejujurnya aku sering memikirkan kaum Extrovert di masa WFH begini. Karena bahkan sebagai Introvert aja, aku nggak betah di rumah terus hehe (ya walopun kalo nongkrong ato jalan-jalan diluar juga "sendirian", tapi butuh suasana beda aja.. bukan #dirumahaja). Minggu-minggu pertama sejak tanggal 16 Maret sempet kalut, tapi setelahnya sudah lebih bisa "menata pikiran" memperbanyak kegiatan ASIK dan PRODUKTIF yang bisa dikerjakan di rumah.. selain WFH. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari menikmati setiap tahap dalam kehidupan kita~

      Delete
  5. haduh saya mah gak betah wfh gini.. kurang produktif dan suntuk malah.. huff..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete