Wednesday, 6 January 2016

Hari 6: Kebahagiaan?

Tulisan ini mengutip dan terinspirasi dari salah satu video TED tentang kebahagiaan yang dibawakan oleh seorang psikolog bernama Dan Gilbert. Ada 3 video presentasi yang dibawakan oleh Dan, videoinilah yang paling saya suka. 





Kebahagiaan adalah sebuah kata yang seringkali menjadi tujuan dari segala hal yang kita lakukan. Coba kita ingat-ingat,  Seberapa seringkah kita merasa bahagia? Sering? Jarang? Kadang-kadang? Atau hidup kita begitu menyebalkan?

Saat kita mendapatkan apa yang kita inginkan, biasanya kita lantas merasa bahagia. Dapet setengah dari apa yang kita mau, ya cukup bahagia tapi ga bahagia banget. Kebahagiaan itulah yang disebut kebahagiaan natural.





Tapi, kadang kala, kita ga dapet apa yang kita mau. Entah karena keinginan yang diset terlalu tinggi dan tidak realistis ataupun  karena memang hal tersebut (biasanya baru kita sadari sesudahnya) malah ga bagus buat kita. Gimana menyikapi kondisi ini? Kondisi di saat gap antara keinginan dan kenyataan begitu berjarak?

Untungnya ada satu jenis lagi kebahagiaan yang disebut dengan kebahagiaan sintetis. Rasa bahagianya bisa sama dengan kebahagiaan natural. Jadi, kebahagiaan sintetis itu cenah adalah kebahagiaan yang kita karang begitu kita tidak dapat apa yang kita mau.




Ada beberapa eksperimen yang menunjukkan bahwa kebahagiaan sintesis itu begitu nyata. Panjang kalau diceritain. Intip langsung di videonya ya. Buat yang bahasa inggrisnya kurang lihai, tinggal pilih setingan tarjamah Indonesia pada video yang ada di webnya-TED.

Di dalam video tersebut, ada sebuah ungkapan yang begitu begitu berkesan bagi saya




"Tidak ada yang baik dan buruk. Berpikirlah yang membuatnya begitu." Rupanya kekuatan pikiranlah yang akan menentukan tingkat kebahagiaan kita. Suatu ungkapan yang saya setujui dengan cepat dan sebagai pengingat akan potensi kecerdasan pikiran sebagai manusia yang perlu dimanfaatkan secara maksimal. Tetapi di satu sisi, saya masih berusaha menyaring makna dari ungkapan tersebut.

Mari berproses!



2 comments: