Friday 8 January 2016

Hari 8: Pencegahan Food Waste!

Beberapa saat yang lalu, saya diundang datang ke sebuah acara yang aneh bin ajaib. Tak usah disebut judul acaranya maupun penyelenggaranya deh. Yang pasti di acara tersebut, saya dapat 2 istilah baru yaitu food waste dan food loss. 2 istilah tersebut terjadi karena ada ke-tidak-efisiensi-an aneka kegiatan pengeloaan makanan. Mulai dari tahap produksi, distribusi sampai akhirnya ke konsumsi dan juga pembuangan akhir.

Kalau mau bongkar-bongkar kebiasaan lama, ternyata kita-kita ini orang Endonesya punya banyak cara untuk meminimalisir masalah dalam limbah makanan tersebut. Pada suka makan nangka kan? Nangka enak buat dimakan dalam keadaan matang maupun mentah.

Kemarin sore, saya bareng temen-temen makan nangka yang udah mateng. Diambil langsung dari kebon Soreang. Enak! Nyam-nyam. Ceritanya sebagai snack rapat. Beberapa saat kemudian, tiba-tiba datanglah biji nangka yang sudah direbus. Nyam-nyam deui wae. Enak! (selain doyan, emang mulut kita para peserta rapat ga brenti ngunyah snack dari pagi sampe sore rapatnya beres heheheh)




Jadi teringat kebiasaan dulu di rumah Cimahi juga gitu. Biji-bijinya wajib dikumpul di suatu wadah dan biasanya bisa jadi camilan lagi dengan direbus. Dulu mah ga kepikiran bahwa kebiasaan jadul ini bisa berguna juga untuk mengurangi tumpukan sampah di akhir. Selain direbus begitu saja (biasanya dikasi garam dikit supaya ada citarasa asin), dari hasil googling sekilas, ternyata bisa diolah juga jadi minuman (sejenis susu) dan juga keripik biji nangka.

Kebiasaan lain juga yang saya inget jaman dulu adalah: di rumah pernah bikin tumis kulit singkong. Saya gak pernah ikut makan sih. Asa males aja liatnya. Singkongnya sih doyan, baik yang direbus apalagi yang digoreng. Tapi kulitnya gak minat. Kepikiranya teh, asa segitu-gitunya amat, kuatka kulit oge diolah jadi bahan makanan. Memang istilah tumisnya itu disebut kadedemes dalam bahasa sunda. Kurang lebih kalau di-Indonesia-kan artinya sesuatu yang dimanfaatkan segitunya banget lah. Katanya yang enak itu, kulit singkong yang warna pink. Direbus, lalu dipotongin dan dimasak kaya tumis aja seperti biasa. Kalau dulu udah punya konsep tentang pengurangan sampah dari awal, mungkin saya mau mencoba masakan kadedemes itu, atau kalau rasanya kurang beres (makanan di rumah dulu suka kurang kuat citarasa bumbu asin manisnya), mungkin saya lebih niat untuk belajar masaknya.

Hayo didata-didataaaaa, cara apalagikah yang bisa membantu kita untuk mengurangi limbah makanan dari awal?





1 comment:

  1. inspiring! benar juga yaa.. Awalnya Indonesia bisa dibilang zero waste, tapi gegara ngikut gaya2 barat, jadi ikutan buang2, begitu org barat bilang jangan buang, kita ikut2an lagi bilang jangan dibuang, hmmm...

    ReplyDelete