Thursday, 17 May 2018

Beragam Tipe Ucapan Ramadan

Pagi ini mengamati sejenak trend ucapan selamat menjalani Ramadhan di instagram. Caranya sederhana aja. Intip timeline di instagram dan kalau ada yang menarik di-screenshoot. Cuma lihat-lihat bentar karena berbagai amalan di bulan suci Ramadhan menanti (maksudnya nyeuseuh, ngistrika, ngepel dkk hahah). Dan pengamatan terbatas pada akun-akun yang saya ikuti (sianil segala difollow tea)

Ada beberapa tipe postingan ternyata:

Ter-iyyyuhhh
Versi Iyyuh ini tentunya sesuai selera saya ya. Menurut saya, yang paling malesin adalah ucapan yang ngajeblag foto si tokoh di lembaga tersebut. Asa gimana ya~ Apakah tak ada simbol lain dari lembaga tersebut yang bisa diangkat?

Mohon maap ga pajang foto, bisi mengurangi nilai ibadah para pembaca hahaha

Agak iyyuh tapi masih berfaedah
Ini agak malesin karena kenapa harus ada muka si bapak-bapak ini ya? Apakah memang SOP pembuatan posternya seperti itu? Tapi agak mendingnya karena ada info kegiatan yang bisa diikuti oleh masyarakat selama bulan ramadan.



Terniat ataukah terbanyak budget?
Saya gatau namanya tehnik apa nih medianya. Tapi ucapan selamat ini menggunakan suara dan ada tangan yang nulis-nulis membuat ilustrasi sesuai omongan orang tersebut.

Boleh intip akun @walhinasional di sini

Terpersonal
Ibu Sri Mulyani alias menteri keuangan membuat ucapan selamat berpuasa yang rada panjang dengan tulisan tangan. Menarik karena terasa lebih personal.


Termemanfaatkan moment
Ada 2 jenis postingan yang saya amati untuk kategori ini:
- Memajang jam bukan dan tutup layanan karena biasanya bulan ramadhan ada perubahan jam kerja


- Menampilkan tema kampanye atau visi misi lembaga. Ini dibagi dua, ada yang tertulis di caption, ada yang tertulis di poster + di caption dan dibagi dua lagi yaitu ada yang masukin pesannya enakeun, ada yang rada "maksa"

Pesan sponsor hanya di caption



Mohon maap, postingan yang rada "maksa"nyambungin ke visi misi lembaga tidak ditampilkan. 

Bila ada lembaga yang memanfaatkan moment, tentunya tak mengapa. Bahkan akan lebih asyik lagi bila ada yang membagikan informasi yang sesuai dengan visi misi lembaga namun bermanfaat bagi pelaksanaan ibadah ramadan.

Kamu sendiri, kalau bikin ucapan seperti apa?







No comments:

Post a Comment