Thursday 5 March 2020

Boros Waktu

Boros tuh identik dengan uang. Padahal "harta" kita yang berharga selain uang adalah waktu. Dan waktu ini seringkali tersia-siakan.

Saya coba ngedata, biasanya waktu jadi boros karena apa sih?

Pertama: kayanya karena kebanyakan melototin medsos. Pernah ga, kamu mau liat sesuatu, misal resep di akun yang emang spesialis nyediain resep masakan sehari-hari, dan emang mau masak si menu itu, tapi tau-tau udah 15 menit berlalu dan malah nyasar merhatiin hal lain di medsos? Ato pernah ga, cuma mau cek apakah ada email yang perlu direply cepet, tau-tau udah nyasar ke igs temen-temen kamu? Kalau pernah, berarti kita sama. Sama-sama boros waktu zzz.

Kedua: aneka kerjaan sekarang nyambungnya ke wasap. Baik komunikasi dengan teman 1 tim, satu lembaga maupun dengan para mitra. Saat lagi ngomongin kerjaan, pernah ga tau-tau malah ngobrolin makanan, atau bahkan drama korea yang lain hits? Saya sih pernah kwkwk. Ampun dah! Atau mau ngontak wartawan X misalnya, eta malah bales-balesin isu seru di grup sebelah? Saya juga pernah.

Ketiga: menunda niat baik. Poin kesatu dan kedua erat kaitannya dengan penyebab ketiga ini. Misalnya mau sholat nih ya, trus liat ada notif di HP. Kan gausah juga dicek langsung kan. Tapi nunda dulu tea dan "cek dulu ah". Lalu nyasarlah kita ke penyebab nomer 1 dan atau nomer 2. Kalau jaman kecil sih nyasarnya bukan ke penyebab 1 dan 2 (karena dulu cuma ada 1 telepon di rumah wkwk, boro-boro HP) tapi cukup sering nyambungnya sama urusan nonton TV. Disuruh sholat, alesannya: nanti kalo iklan. Disuruh makan: nanti kalau iklan. Disuruh mandi: jawabannya masih aja gitu.

Keempat: mager. Pokonya males gerak aja. Saya tau itu kebiasaan buruk. Terus, ya gatau kenapa. Pas baca buku Minimalis (siapa yang nulisnya ya? Pokonya orang Jepang) rupanya mager ini bisa disebabkan oleh banyaknya barang deket kita. Jadi rasanya sumpek dan bikin malesss. Kirain emang saya aja orangnya mager. Bisa kita bandingkan kalo kita nginep di hotel misalnya. Di kamar hotel kan cuma ada benda-benda yang fungsional. Beda dengan kondisi di kamar kita. KITA? ELU KALEEE. Iya, di kamar saya banyak benda yang teronggok. Yang sebenernya ga bener-bener fungsional dan itu ternyata salah satunya yang bikin mager. Menarik deh si buku Minimalis. Walo saya belum bener-bener mempraktekkannya, tapi ya minimal isi buku itu mulai mengganggu pikiran.

Kelima: silakan ditambah sendiri ya. Mari bagi di kolom komentar penyebab keborosan waktu temen-temen. Kalau kita tau penyebabnya, paling engga, mulai makin menyadari bahwa kita boros secara waktu dan terganggu untuk mulai mikirin cara mengatasinya.

2 comments:

  1. Hyaaaaa. Aku termasuk kategori manusia tukang boros waktu nih, teh. Bawaannya suka mager mulu. Apa karena sama-sama punya banyak barang teronggok di rumah ya. Hihihi 🤭. Mungkin sudah waktunya pilah-pilah barang deh, yang gak guna dibuang aja sementara yang sparks joy dipertahankan supaya gak gampang mageran.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. teori yang akrab kita kenal ya. tinggal dilakukan sedikitsedikit~

      Delete