Thursday 16 January 2014

Hari 12: Level-level #ZeroWaste

Untuk mencapai derajat keyakinan bahwa "aku beneran akan mengurangi segala potensi sampah dari aktivitas sehari-hari", biasanya ada beberapa level yang perlu dilalui.

Level 1: mendapatkan AHA
Mendapatkan AHA: saat mendapatkan titik terang tentang masalah sampah dan kemudian tersadarkan bahwa masalah sampah yang menggila tersebut, ternyata disebabkan juga oleh diri sendiri, dari aktivitas sehari-hari.

Level 2: merasa gelisah
Saat sudah mengetahui fakta pada tingkatan AHA, mulailah pikiran resah dan gelisah. Masuk supermarket, mulai terasa sedikit barang yang "aman" dari sampah. Mau beli ini salah, beli itu salah. Gak dibeli pun, susah nemu solusi.

Level 3: aktif mencari informasi
Untuk mengatasi kegelisahan di tingkat no 2, biasanya orang tersebut akan mencari cara untuk bisa keluar dari lingkar kegelisahannya. Mulai dari googling, tanya-tanya ke pihak yang kompeten, melakukan kunjungan kepada teman/komunitas yang sudah berhasil mengelola sampahnya dll.

Level 4: "aku akan mencoba mulai mengubah gaya hidup"
Pada tahap ini, dengan bekal tekad dan pengetahuan yang ada, berbagai eksperimen akan mulai dilakukan, berbagai tips gaya hidup zero waste akan dicoba. Di tahap ini, rasa bahagia saat berhasil mengubah gaya hidup tumbuh dan kadang terselip rasa frustasi ketika ada hal tertentu yang buntu dan belum ketemu solusinya.

Level 5: "bersama pasti bisa"
Tahu, sadar, semangat untuk berbuat dan mulai berbuat, ternyata tidak cukup. Semangat untuk ber #ZeroWaste itu turun naik. Nah, kondisi turun naik bisa dibuat tetap stabil dan bahkan grafiknya bisa naik terus bila ada proses saling mendukung diantara orang-orang yang sama-sama sedang berubah menuju #ZeroWaste.

Level 6: Kampanye-kampanye!
Aktivitas menyebarkan semangat untuk ber #ZeroWaste, bisa ada di tiap level. Rasanya gak tahan untuk mempengaruhi dan mengajak orang di sekitar untuk sama-sama barengan #ZeroWaste juga. Orang-orang yang sedang berada pada level ini bisa bergerak sendirian ataupun berkampanye bersama-sama. Tapi semangatnya sama yaitu: ingin gaya hidup #ZeroWaste diterapkan oleh sebanyak mungkin orang di dunia ini! Yeay!

Oiya, karena level-level ini ngarang dan berdasarkan pengalaman sendiri dan juga pengalaman beberapa teman, kemungkinan level-level ini bisa saling bertukar posisinya dan juga bisa saja ada variasi level lainnya.

Nah, masuk level manakah kamu?


1 comment:

  1. Level Kesadaran Eksistensi, dimana seseorang itu sudah sampai pada tahap sadar akan keberadaan dirinya yang akan memberikan kontribusi, baik itu yg negatif ataupun positif, serta telah sampai kepada tahap kesadaran untuk apa dirinya diciptakan.

    ReplyDelete