Hal apa yang langsung kepikiran ketika melihat gambar di bawah ini??
gambar dari sini |
Saya tambahin taglinenya nih sekalian.
Save the Orangutan. Let the Orangutan smile like a banana.
Apa yang sekarang kepikiran?
Pas pertama saya lihat poster ini, langsung kepikir: Edan ini yang bikin poster kreatif banget!
Idenya keren pisan! Fungsi poster sebagai penarik perhatian dan juga penyampaian isu kena banget.
Mungkin ada temen-temen yang tanya: Emangnya kalau banyak orang yang lihat poster ini, apakah kemudian si orangutan tiba-tiba terselamatkan?
Ya enggak seinstan itu dong! Tapi kalau tujuan dari poster tersebut untuk bikin orang mulai kenal isu, saya pikir memang sudah memenuhi fungsinya. Asalkan poster itu merupakan kepingan kecil dari satu gerakan kampanye yang komprehensif.
Ayo sekarang lihat lagi poster yang ini :) Apa yang langsung terpikir?
Gambar dari sini |
Kalau saya sih, langsung mikir: ini poster sederhana banget dan #jleb. Walaupun mungkin bisa dimaknai macem-macem juga berdasarkan paradigma si pembaca poster.
Kalau saya memaknainya begini:
Beda banget makna kata need dan want alias butuh dan ingin.
Terus, yang diinginkan belum tentu yang kita dibutuhkan.
Dan yang dibutuhkan sebenernya gak sebanyak yang diinginkan.
Dan, si poster yang sederhana dan kena banget ini, ternyata bisa dishare oleh banyak 524 orang di Facebook. Itu bukan jumlah yang sedikit!
*dan langsung deh kepikir: Apa kabar dengan aneka poster kampanye yang pernah saya buat? Selalu "sirik" deh sama orang-orang kreatif yang bisa menyampaikan pesan dengan gaya yang asyik dan menarik melalui poster.
No comments:
Post a Comment